..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Komunikasi Interpersonal dalam Upaya Pemulihan Santri Gangguan Jiwa di Pondok Pesantren Condromowo 2 Kabupaten Ngawi

Sholihah, Anisa Nur'aini Mar'atu (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Komunikasi Interpersonal dalam Upaya Pemulihan Santri Gangguan Jiwa di Pondok Pesantren Condromowo 2 Kabupaten Ngawi. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
Anisa Nur'aini ethesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gangguan jiwa merupakan sindrom pola perilaku atau psikologi seseorang yang secara klinis berkaitan dengan gejala penderitaan (distress) atau hendaya (impairment/disability) di dalam satu atau lebih fungsi yang penting dari manusia. Gangguan jiwa menyebabkan adanya perubahan pada fungsi jiwa, dimana gangguan tersebut dapat menimbulkan penderitaan pada individu dan menyebabkan timbulnya hambatan dalam melaksanakan peran sosial. Salah satu upaya pemulihan penderita gangguan jiwa dapat dilakukan dengan menggunakan komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal memang banyak digunakan oleh psikolog, psikiater, dan perawat di rumah sakit jiwa. Komunikasi interpersonal memang memiliki keefektifan yang lebih esensial dalam upaya pemulihan gangguan jiwa, hal ini dikarenakan sifatnya yang lebih intens dan lebih terbuka.
Dari pemaparan tersebut ditemukan rumusan masalah yaitu, pertama, bagaimana bentuk komunikasi interpersonal dalam upaya pemulihan santri gangguan jiwa di Pondok Pesantren Condromowo 2. Kedua, apa faktor pendukung dan penghambat dalam proses komunikasi interpersonal pemulihan santri gangguan jiwa di Pondok Pesantren Condromowo 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yakni dengan menggambarkan bagaimana komunikasi interpersonal antara pengurus bidang rehabilitasi dengan santri gangguan jiwa dalam upaya pemulihan di Pondok Pesantren Condromowo 2 Kabupaten Ngawi. Peneliti mendapatkan data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Konseling yang diberikan kepada santri gangguan jiwa dilakukan dengan cara memberikan solusi dan saran dari permasalahan yang dialami santri setelah mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pengurus. Adapun terapi spiritual yang terdapat di Pondok Pesantren Condromowo 2 menggunakan beberapa alternatif, mulai dari membaca Wiridul Mukhtar, mengaji Kitab Nawaqibudduriyah, mengaji Manaqib Fadlullah, membaca sholawat Al barzanji, dan sholat berjamaah lima waktu. Faktor pendukung yang terdapat pada proses komunikasi interpersonal antara pengurus bidang rehabilitasi dengan santri gangguan jiwa dibedakan menjadi tiga, yakni faktor pendukung dari sudut komunikator, faktor pendukung dari sudut komunikan, dan faktor pendukung dari sudut pesan. Adapun hambatan yang terjadi selama proses pemulihan santri gangguan jiwa adalah hambatan proses, semantik, dan psikologis.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:21
Last Modified: 12 Jun 2023 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24107

Actions (login required)

View Item View Item