Penggunaan Buku Deresan Individu dalam Pembelajaran Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo

Anggrainingsih, Safira (2023) Penggunaan Buku Deresan Individu dalam Pembelajaran Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190456_SAFIRA ANGGRAININGSI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Anggrainingsih, Safira. 2023. Penggunaan Buku Deresan Individu dalam Pembelajaran Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Basuki, M.Ag.
Kata Kunci: Penggunaan, Buku Deresan Indivu, Pembelajaran Al-Qur’an.
Buku deresan individu adalah sebuah hasil pikiran tentang suatu kegiatan yang mana dapat digunakan untuk mengamati secara seksama dalam kondisi dan keadaan, termasuk juga perilaku dari peserta dengan tujuan agar semua data yang masuk atau informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan tersebut dapat dijadikan landasan kedepannya. Salah satu upaya yang dilakukan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan dalam pembelajaran Al-Qur’an adalah dengan memberlakukan penggunaan buku deresan individu pada santri bi-nadhor putri. Yang mana buku deresan individu disini bertujuan untuk melakukan proses pengawasan terhadap suatu program yang sudah direncanakan untuk mengetahui bagaimana berjalannya suatu program itu, agar terlaksana dan sesuai yang direncanakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) penggunaan buku deresan individu bagi santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan, (2) penggunaan buku deresan individu bagi guru Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan, (3) dampak pengunaan buku deresan individu bagi santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini dengan ketua pengurus putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan, pengurus pendidikan putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan dan santri bi-nadzor Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan. Sedangkan untuk teknis analisis data dilakukan dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Penggunaan buku deresan individu bagi santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan yaitu santri membaca Al-Qur’an secara berkala yang dilaksanakan selama dua bulan dalam satu kali khataman. Buku deresan individu berisi tiga kolom yaitu, tanggal pelaksanaan pengisisan data, juz terakhir yang dibaca dan surat serta ayat yang terakhir dibaca. Setiap santri membaca Al-Qur’an secara individu dalam kurun waktu dua bulan untuk sekali khataman. (2) Penggunaan buku deresan individu bagi guru Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan yaitu buku deresan individu digunakan sebagai alat kontrol guru terhadap batas bacaan santri. Dalam pelaksanaannya, seluruh santri dikumpulkan dalam masjid dan santri yang sudah menyelesaikan membaca Al-Qur’an dalam kegiatan khataman kemudian mengumpulkan buku deresan individu kepada guru untuk di cek kelengkapannya. (3) Dampak penggunaan buku deresan individu bagi santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan yaitu sebagai sarana bagi santri untuk melakukan pembiasan membaca Al-Qur’an dalam kegiatan khataman yang dilaksanakan dalam dua bulan sekali. Adapun dalam pelaksanaanya, buku deresan individu ini memiliki tujuan agar santri terbiasa dalam membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:17
Last Modified: 12 Jun 2023 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24102

Actions (login required)

View Item View Item