Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas VII C MTS Miftahussalam Kambeng Ponorogo

Masitoh, Nur Alif (2023) Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas VII C MTS Miftahussalam Kambeng Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190207_NUR ALIF MASITOH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masitoh, Nur Alif. 2023. Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII C MTs. Miftahussalam Kambeng Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I.
Kata Kunci: Metode mind mapping, hasil belajar, mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.
Mata pelajaran al-Qur’an Hadits secara substansial memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada siswa untuk mempraktikkan nilai-nilai agama sebagaimana terkandung dalam al-Qur’an Hadits dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, siswa perlu mempelajari materi pembelajaran dengan sungguh-sungguh dan memperdalamnya. Berdasarkan hasil observasi pada proses pembelajaran al-Qur’an Hadits yang terjadi di MTs. Miftahussalam Kambeng, lebih sering menggunakan metode ceramah saja, hal tersebut yang membuat minat dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa diperlukan pemilihan metode yang inovatif dan menarik untuk mengoptimalkan proses belajar siswa. Disinilah peneliti menerapkan metode mind mapping yang diharapkan dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII C MTs. Miftahussalam Kambeng dengan menggunakan metode mind mapping
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2)Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek pelaku penelitian ini adalah mahasiswa semester VIII dan subjek penerima penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTs. Miftahussalam Kambeng. Sedangkan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di kelas VII C MTs. Miftahussalam Kambeng. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I yang hanya 47, 9 % dari 11 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari hasil belajarnya, sedangkan 52, 1 % dari 12 siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sedangkan pada siklus II mengalami kenaikan yaitu sebesar 82, 6 % dari 19 siswa yang tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan ada 4 siswa yang belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:15
Last Modified: 12 Jun 2023 02:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24098

Actions (login required)

View Item View Item