Peningkatan Pengetahuan dan Keaktifan Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Jigsaw Kelas VIII pada Siswi MTs Darul Huda Mayak Ponorogo

Kusumawati, Lilik (2023) Peningkatan Pengetahuan dan Keaktifan Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Jigsaw Kelas VIII pada Siswi MTs Darul Huda Mayak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190130_LILIK KUSUMAWATI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Kusumawati, Lilik. 2023. Peningkatan Pengetahuan dan Keaktifan Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Jigsaw Kelas VIII Pada Siswi MTs Darul Huda Mayak Ponorogo.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Negeri Islam Ponorogo. Pembimbing, Lia Amalia, M.Si.
Kata Kunci : Peningkatan Pengetahuan dan Keaktifan, Akidah Akhlak, Model Pembelajaran Kooperative Tipe Jigsaw.
Mata pelajaran Akidah Akhlak merupakan pembelajaran penting dalam mencetak karakter siswa yang sesuai nilai-nilai Islam dalam berperilaku dan berinteraksi dengan Tuhan, sesama, dan alam, secara vertikal dan horizontal. Tetapi di dalam penyampaiannya masih banyak materi yang belum dapat dipahami siswa. Dalam pembelajaran Akidah Akhlak dalam model pembelajaran tersebut sangat monoton dan belum bervariasi. Sehingga terjadinya penurunan nilai pada mata pelajaran Akidah Akhlak, dikarenakan kurangnya pemahaman terhadap materi. Oleh karena itu, model pembelajaran kooperative tipe jigsaw dalam proses pembelajaran yang menekankan aspek pengetahuan dan keaktifan. Jika peserta didik aktif dalam pembelajaran, maka akan mudah mewujudkan suatu kefahaman.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperative tipe jigsaw dapat meningkatkan pengetahuan dan keaktifan siswa kelas VIII MTs Darul Huda Mayak dalam proses pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak.
Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas individual, peneliti memiliki dua tugas yaitu sebagai peneliti sendiri dan sebagai guru secara penuh. Alur Penelitian Tindakan Kelas ini, menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, yang berisi alur penelitian yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Selain itu, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan ujian tulis.
Hasil dari penelitian ini adalah, proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperative tipe jigsaw di kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Hal ini diketahui dari analisis siklus I dan II yang telah dilakukan, yaitu dalam tingkat pengetahuan siswa, pada siklus I adalah 83,34% menjadi 93,33% pada siklus II. Sedangkan dalam tingkat keaktifan siswa, pada siklus I yaitu dengan perolehan hasil jumlah keseluruhan berjumlah 326, pada siklus II berjumlah 341 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Akidah Akhlak dengan model pembelajaran kooperative tipe jigsaw dapat meningkatkan dalam pengetahuan dan keaktifan siswa kelas VIII MTs Darul Huda Mayak Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: LIA AMALIA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:15
Last Modified: 12 Jun 2023 02:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24097

Actions (login required)

View Item View Item