Manajemen Pengembangan Karakter Kepemimpinan Mahasiswa Melalui Program Leader Training Campus Di Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo

Muyasharoh, Anifatul (2023) Manajemen Pengembangan Karakter Kepemimpinan Mahasiswa Melalui Program Leader Training Campus Di Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Skripsi Anifatul Muyasharoh 206190127 MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam ialah sebuah Lembaga pada tingkat struktural Ormawa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Ponorogo, yang mana merupakan wadah organisasi bagi mahasiwa khususnya pada jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Sebuah organisasi yang merupakan tempat batu loncatan mahasiswa untuk menimba ilmu dalam sebuah organisasi dan mencetak regenerasi mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam yang mempunyai dedikasi dan jiwa tinggi pemimpin.Karena mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam ialah mahasiswa yang dicetak untuk menjadi seseorang yang bisa mengatur, mengontrol, mengawasi, serta mengevaluasi. Adanya sebuah kebiasaan maka akan muncullah sebuah karakter pada diri manusia,seperti halnya jiwa pemimpin akan lahir jika adanya sebuah kebiasaan dalam pembinaan suatu program maka lahirlah sebuah karakter yang dibiasakan. Program Leader Training Campus di Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam merupakan program unggulan dari HMJ MPI dengan banyaknya antusias dari mahasiswa yang ingin mengikuti program ini karena disinilah mahasiswa bisa mengupas dalam tentang kepemimpinan. Maka dari itu, diperlukan pengelolaan dalam program Leader Training Campus guna meningkatkan proses manajemen pengembangan karakter kepemimpinan mahasiswa dapat berjalan secara efektif dan efisien.
​Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ( 1 ) Perencanaan pengembangan karakter kepemimpinan mahasiswa ( 2 ) Pelaksanaan pengembangan karakter kepemimpinan mahasiswa ( 3 ) Evaluasi pengembangan karakter kepemimpinan mahasiswa melalui program Leader Training Campus di Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam.
​Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif yang mana data yang dikumpulkan bukan berupa angka melainkan berupa naskah wawancara, catatan lapangan, gambar-gambar, dalam memperoleh data yang lebih akurat. Maka dari itu peneliti menggunakan penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
​Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian tentang manajemen pengembangan karakter kepemimpinan mahasiswa adalah adanya perencanaan pada program Leader Training Campus yaitu dengan ( 1 ) Pelaksanaan perencanaan selama 4 rapat akbar panitia selama 4 minggu. ( 2 ) kemudian pada pelaksanaan program Leader Training Campus sudah tertata dan terjadwalkan sesuai dengan pembagian jadwal program kerja lainnya sehingga tidak bertabrakan, ( 3 ) serta evaluasi yang dilakukan ialah evaluasi akbar panitia dan membuat rencana tindak lanjut bagi peserta guna mengkontrol dan melihat seberapa pengaruhnya kegiatan program LTC ini bagi mereka setelah kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Sulton
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:11
Last Modified: 12 Jun 2023 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24096

Actions (login required)

View Item View Item