Upaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo

Warsito, Iin Endarwati (2023) Upaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190095_IIN ENDARWATI WARSITO_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembentukan karakter pada peserta didik merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena dengan terbentuknya karakter maka akan mengembangkan potensi dasar dalam diri peserta didik sehingga menjadi individu yang berpikiran baik, berhati baik, dan berperilaku baik. Di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo terdapat permasalahan yang dilakukan oleh peserta didiknya khusunya permasalahan yang berhubungan dengan karakter, seperti masih banyak siswa yang mencontek, membeda-bedakan teman, bullying, tidak mengerjakan tugas, tidak menjaga kebersihan sekolah, berseragam tidak rapi, terlambat, membolos, tidak bekerja sama dalam kegiatan sekolah, kurangnya rasa keimanan, tidak sholat dan tidak bisa membaca Al-qur’an. Permasalahn tersebut dapat diselesaikan dengan adanya budaya sekolah, karena budaya sekolah menjadi nilai dan norma dalam kegiatan dan aktivitas peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya apa yang berkembang di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo dan karakter apa yang dibangun melalui budaya sekolah tersebut dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter peserta didik melalui budaya sekolah.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif sehingga pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan perpanjang pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo menyimpulkan (1) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi pemasalahan pada peserta didiknya adalah dengan adanya budaya-budaya yang tumbuh dan berkembang di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo yaitu budaya kejujuran, budaya adil, budaya tanggung jawab, budaya disiplin, budaya gotong royong dan budaya religius. Budaya tersebut terwujud melalui adanya program, pembiasaan, aturan dan sanksi yang diterapkan di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo. (2) Faktor pendukung dalam upaya pembentukan karakter melalui budaya sekolah adalah : sarana dan prasarana yang memadahi, kesadaran dari guru dan peserta didik, program yang di danai dan kesinambungan antara seluruh warga sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah : kurangnya SDM guru, kurangnya kesadaran sebagian kecil guru dan peserta didik, minimnya dana dan komunikasi antara guru dan wali murid yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:06
Last Modified: 12 Jun 2023 02:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24089

Actions (login required)

View Item View Item