Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo

Nuraini, Dwi (2023) Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190086_Dwi Nuraini_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nuraini, Dwi. 2023. Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci : Manajemen strategi, karakter, dan disiplin.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam pengelolaan pengasuh pondok pesantren beserta jajarannya masih menerapkan sistem tradisional. Sehingga mengakibatkan menurunnya karakter disiplin santri. Ditandai dengan beberapa santri yang kurang mentaati peraturan, serta tidak mengikuti program kegiatan di pondok pesantren. Hal tersebut muncul akibat arus globalisasi dan modernisasi, yang menyebabkan merosotnya moral remaja (santri). Upaya yang dilakukan oleh pengasuh beserta seluruh pengurus santri untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan manajemen strategi yang efektif dan efisien, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi. Dengan harapan dapat meningkatkan karakter disiplin para santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan mendiskripsikan perencanaan strategi dalam meningkatkan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo. (2) Mengetahui dan mendiskripsikan pelaksanaan strategi dalam meningkatkan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo. (3) Mengetahui dan mendiskripsikan evaluasi strategi dalam meningkatkan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek yang diteliti adalah santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif milik Miles Matthew, Michael Huberman dan Johnny Saldana yang meliputi empat tahapan yaitu, reduksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) Perencanaan strategis, melalui a) Membentuk kepengurusan santri b) Pembagian tugas dan tanggung jawab, c) Pengesahan tata tertib dan peraturan untuk diinformasikan kepada seluruh santri. (2) Pelaksanaan strategi yang dilakukan adalah a) Pembiasaan melalui program kegiatan, b) Melalui keteladanan dari pengasuh pondok pesantren sampai dengan pengurus santri, c) Penerapan tata tertib dan hukuman (sanksi) untuk meningkatkan karakter disiplin santri, (3) Evaluasi strategi yang dilakukan adalah dengan diadakannya rapat mingguan, rapat bulanan, dan rapat tahunan guna membahas hasil kinerja dari pelaksanaan dan mengevaluasi tingkat keberhasilan program kerja kepengurusan dalam meningkatkan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:01
Last Modified: 12 Jun 2023 02:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24079

Actions (login required)

View Item View Item