Implementasi Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III Di SDN Kedungguwo Magetan

Jaya, Shinta Mahatma (2023) Implementasi Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III Di SDN Kedungguwo Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190105 SHINTA MAHATMA JAYA PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Jaya, Shinta Mahatma. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa III di SDN Kedungguwo Magetan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing Dr. Evi Muafiah, M.Ag.
Kata Kunci: Think Pair Share, Hasil belajar, Pembelajaran Tematik
Pendidikan merupakan salah satu aspek yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Oleh karena itu perwujudan dan peningkatan pendidikan merupakan hal yang harus dilakukan. Peningkatan kualitas pendidikan di sekolah tidak lepas dari tugas guru baik sebagai pendidik maupun sebagai pengajar. Belakangan ini hasil belajar yang dimiliki siswa mengalami penurunan disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi sehingga pembelajaran yang berlangsung bersifat monton. Proses pembelajaran yang berlangsung di SDN Kedungguwo Magetan masih menggunakan model pembelajaran konvisional yang didominasi dengan metode ceramah sehingga siswa belum memperhatikan guru dan memilih berbincang dengan temannya siswa cenderung diam dan tidak bertanta mengenai materi yang belum dipahami, Proses pembelajaran yang dilakukan guru di SDN Kedungguwo Magetan terlihat kurang bervariasi sehingga guru hanya terpacu pada kurikulum dari pada mengembangkan potensi yang menyebabkan beberapa siswa memperoleh nilai yang belum mencapai KKM,
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian yang dilakukan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran think pair share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran tematik siswa III di sdn Kedungguwo Magetan, untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran think pair share (TPS).
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas Kurt Lein. Penelitian ini dilaksankan dengan II siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa III di SDN Kedungguwo Magetan yang berjumlah 7 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa III di sdn kedungguwo magetan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa imlementasi model pembelajaran think pair share pada siklus I mencapai 57,1%. Pada siklus II presentase hasil belajar sebanyak 100%. Berdasarkan presentase tersebut dapat dinyatakan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Oleh karena itu implementasi model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III di SDN Kedungguwo Magetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 01:54
Last Modified: 12 Jun 2023 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24066

Actions (login required)

View Item View Item