Peningkatan Karakter Religius Dan Peduli Sosial Siswa Melalui Kegiatan Jumat Beramal Di SMK Negeri 2 Ponorogo

Shidiq, Abdul Fatah Ash (2023) Peningkatan Karakter Religius Dan Peduli Sosial Siswa Melalui Kegiatan Jumat Beramal Di SMK Negeri 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190306_Abdul Fatah Ash Shidiq_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penurunan kualitas moral kehidupan manusia Indonesia saat ini terutama di kalangan siswa, menuntut pelaksanaan pendidikan karakter. Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki kewajiban untuk menginformasikan, mengembangkan nilai-nilai yang baik dan membantu siswa membentuk diri serta membangun karakter mereka. Perkembangan zaman yang semakin masif menuntut harus ada proses pendidikan yang mampu memadukan antara pendidikan sekolah, keluarga dan lingkungan. Hal ini diharapkan bisa mendorong penguatan pendidikan karakter anak, meningkatkan kepedulian keluarga terhadap pendidikan anak, membangun sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat.
Berdasarkan uraian diatas peneliti akan membahas peningkatan karakter religius dan peduli sosial siswa melalui kegiatan jumat beramal di SMK Negeri 2 Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan jumat beramal di SMK Negeri 2 Ponorogo dan untuk menjelaskan strategi meningkatkan karakter peduli sosial siswa melalui kegiatan jumat beramal di SMK Negeri 2 Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data untuk menarik kesimpulan dari data hasil penelitian.
Hasil penelitian menerangkan strategi peningkatan karakter religius dan peduli sosial siswa melalui kegiatan jumat beramal di SMK Negeri 2 Ponorogo dapat diterapkan melalui yang bisa dilakukan dengan memakai model PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). Dengan adanya model PPK dapat menempatkan nilai karakter sebagai dimensi pendidikan. Dengan demikian karakter religius dapat dibentuk dengan meliputi diadakannya sholat berjamaah, membaca al-qur’an, jumat beramal & jumat berkah, keteladanan guru sebagai contoh utama. Adapun karakter peduli sosial dapat dibentuk dengan adanya kegiatan tolong menolong, kekeluargaan, kesetiaan dan kepedulian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 01:54
Last Modified: 12 Jun 2023 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24061

Actions (login required)

View Item View Item