..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Manajemen Program Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MAN 2 Ponorogo

Rahman, Fina Amalia (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Manajemen Program Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190028_Fina Amalia Rahman_206190028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rahman, Fina Amalia, 2023. Manajemen Program Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Tahun Pelajaran 2022-2023 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, pembimbing Dr. Umar Sidiq, M.Ag.

Kata kunci: Manajemen program kesiswaan, bidang akademik, bidang non akademik, prestasi.
Dalam sistem manajemen kesiswaan maupun sistem pembelajaran. Seperti halnya yang diterapkan di MAN 2 Ponorogo dalam mencapai tingkat predikat sebagai sekolah unggulan dengan segudang prestasi yang dimiliki siswa MAN 2 Ponorogo, prestasi yang diperoleh siswa MAN 2 Ponorogo mulai dari bidang akademik maupun non akademik, dan yang diperoleh siswa maupun guru madrasah, mulai dari tingkat daerah hingga internasional.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) untuk mendeskripsikan perencanaan program kesiswaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 2 Ponorogo, (2) untuk memaparkan pelaksanaan program kesiswaan dalam meningkatkan prestasi siswa di MAN 2 Ponorogo, (3) untuk menjelaskan evaluasi program kesiswaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 2 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Kegiatan yang dilaksanakan ketika proses perencanaan dalam bidang akademik meliputi beberapa kegiatan. Yang pertama, kegiatan menganalisis kebutuhan yang dibutuhkan siswa, melakukan seleksi pada siswa, mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuan masing-masing, memberikan motivasi serta pengarahan kepada siswa. Kedua, menentukan Bapak/ibu Pembimbing untuk membimbing siswa memperdalam potensi yang dimiliki untuk membimbing siswa pada pembinaan saat ada lomba/olimpiade. (2) Pelaksanaan kegiatan pembinaan pada siswa di MAN 2 Ponorogo dilaksanakan setiap hari selain hari libur nasional atau hari Minggu. Pembinaan dilaksanakan agar siswa dapat mengembangkan potensi yang dimiliki serta ikut aktif dalam setiap perlombaan/olimpiade. Proses pelaksanaan pembinaan program kesiswaan bidang akademik yang harus dilakukan yakni mengukur kemampuan siswa yang dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa melakukan seleksi pada peserta didik dengan memberikan tes, seleksi dapat mempertimbangkan nilai ujian pada peserta didik. (3) Evaluasi pembinaan pada bidang akademik di MAN 2 Ponorogo akan dilaksanakan ketika Bapak/Ibu guru sudah mengikuti perlombaan pendelegasian atau setelah mengadakan lomba. Selain itu, evaluasi untuk Bapak/Ibu guru Pembina akan dilaksanakan sekali dalam seMinggu di mana kepala sekolah akan melihat absensi dari Bapak/Ibu Pembina dan dijadikan sebagai bahan untuk evaluasi ke depannya. Evaluasi pelaksanaan non akademik dilaksanakan berkala di akhir semester atau di akhir pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 01:51
Last Modified: 12 Jun 2023 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24057

Actions (login required)

View Item View Item