Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Quarter Life Crisis Mahasiswa Semester Akhir IAIN Ponorogo Angkatan 2019

Jannah, Choirul Nur (2023) Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Quarter Life Crisis Mahasiswa Semester Akhir IAIN Ponorogo Angkatan 2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI lengkap CHOIR PDF TERBARU.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mahasiswa akhir masuk dalam perkembangan individu dewasa awal yang memiliki tekanan, tuntutan dan tantangan dari masyarakat terkait kehidupan masa depan seputar karir, akademik, hubungan sosial, dan percintaan. Individu yang belum siap mengahadapi permasalahan tersebut dia akan mengalami perasaan khawatir, cemas, bingung, merasa tidak siap. Kondisi ini biasanya dikenal dengan istilah Quarter Life crisis.Salah satu hal yang perlu dilakukan individu dewasa awal untuk bisa menghadapi dari krisis ini yaitu dengan memiliki kemampuan kecerdasan emosi yang baik.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan quarter life crisis mahasiswa semester akhir IAIN Ponorogo angkatan 2019.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan analisis korelasi product moment. Dari seluruh populasi 2.888mahasiswa semester akhir IAIN Ponorogo angkatan 2019 dengan mengambil sebanyak 172 mahasiswa akhir yang ikut berpartisipasi. Metode sampling yang digunakan adalah purposive cluster random sampling. Analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen, uji asumsi, uji satatistik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan quarter life crisis mahasiswa semester akhir IAIN Ponorogo angkatan 2019 dengan kekuatan hubungan yang sangat rendah yaitu nilai korelasi -174 dengan signifikansi 0,022< 0,05, artinya semakin tinggi kecerdasan emosi mahasiswa maka semakin rendahquarter life crisis yang dialami. Begitupun Sebaliknya, jika semakin rendah kecerdasan emosi mahasiswa maka semakin tinggiquarter life crisis yang dialami mahasiswa semester akhir. Hal ini sesuai dengan hasil perhitungan hipotesis yaitu taraf signifikansi 0,022 < 0,05 maka Ha diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan quarter life crisis mahasiswa semester akhir IAIN Ponorogo angkatan 2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fendi Krisna Rusdiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 01:50
Last Modified: 12 Jun 2023 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24055

Actions (login required)

View Item View Item