STRATEGI DAKWAH MELALUI PEMBERDAYAAN EKONOMI: STUDI PADA MAJELIS TAKLIM SYAUQUN NIDA DESA BUNGKUK PARANG MAGETAN

Umah, Khalilatul (2023) STRATEGI DAKWAH MELALUI PEMBERDAYAAN EKONOMI: STUDI PADA MAJELIS TAKLIM SYAUQUN NIDA DESA BUNGKUK PARANG MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI WATERMARK - KHALILATUL UMAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Umah, Khalilatul. 2023. Strategi Dakwah Melalui Pemberdayaan Ekonomi: Studi Pada Majelis Taklim Syauqun Nida Desa Bungkuk Parang Magetan. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Faiq Ainurrofiq, M.A.

Kata Kunci: Majelis Taklim, Pemberdayaan, Ekonomi

Pemberdayan masyarakat adalah suatu upaya yang dilakukan oleh individu atau masyarakat agar masyarakat dapat berdaya guna dalam memenuhi kebutuhan hidupnya ke arah yang lebih sejahtera. Penelitian ini membahas strategi dakwah melalui pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh Majelis Taklim Syauqun Nida di Desa Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Tujuan utama peneltian ini untuk mengungkap strategi dakwah yang dilakukan oleh Majelis Taklim Syauqun Nida, tahapan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang digunakan oleh pengurus Majelis Taklim serta mendiskripsikan tujuan dan dampak kegiatan pemberdayaan ekonomi ini.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik dalam analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi Dakwah Pengurus Majelis Taklim Syauqun Nida dalam Memakmurkan Majelis Taklim Syauqun Nida maka, dapat disimpulkan bahwa ada tiga strategi dakwah yang dilakukan oleh pengurus: Pertama, strategi bidang idarah yaitu didalam pembinaanya meliputi administrasi, pengelolaan, manajemen dan pengorganisasian masjid. Kedua, strategi bidang imarah yaitu pembinaan terhadap jamaah Majelis Taklim Syauqun Nida melalui program-program kegiatan. Ketiga, strategi bidang ri’ayah yaitu pembangunan di bidang pemeliharaan bangunan masjid, lingkungan, dan kebersihan. 2) Tahapan pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh Majelis Taklim Syauqun Nida pada masyarakat Desa Bungkuk melalui tahap-tahap pemberdayaan yaitu pertama, membangun kesadaran ekonomi masyarakat. Kedua, penguatan kapasitas. Ketiga, pendayaan. 3) Tujuan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dijalankan Majelis Taklim Syauqun Nida yaitu untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan juga untuk membentuk individu serta masyarakat menjadi lebih mandiri. Kegiatan pemberdayaan ekonomi memberikan dampak kepada masyarakat antara lain mendorong munculnya wirausaha baru, terjadinya kemitraan yang baik, terjadinya struktur dalam ekonomi, membantu usaha menjadikan perekonomian yang besar dan modern, serta menjadikan masyarakat lebih mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faiq Ainurrofiq
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 01:33
Last Modified: 12 Jun 2023 01:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24052

Actions (login required)

View Item View Item