Strategi Radio Duta Nusantara Ponorogo 92.1 FM Dalam Peningkatan Kualitas Penyiar Di Era Digital

Anwar, Mochamad Saiful (2023) Strategi Radio Duta Nusantara Ponorogo 92.1 FM Dalam Peningkatan Kualitas Penyiar Di Era Digital. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
STRATEGI RADIO DUTA NUSANTARA PONOROGO 92.1 FM DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENYIAR DI ERA DIGITAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Radio untuk bisa menjaga eksistensi di era persaingan media, maka diperlukan strategi khusus untuk ikut bersaing di era digital. Di Ponorogo sendiri terdapat salah satu Radio tertua, yaitu Radio Duta Nusantara 92.1 FM. Duta Nusantara 92.1 FM adalah salah satu radio swasta Ponorogo berdiri pada tanggal 11 Mei 1992 yang didirikan oleh H.M.Husain merupakan radio yang menyuguhkan informasi terkini untuk para pendengarnya yang mayoritasnya berbeda. Fokus penelitian ini yaitu strategi untuk meningkatkan kualitas penyiar di Radio Duta Nusantara 92.1 FM yang beralamat di Jl. Sidoluhur 2A Ponorogo. Radio Duta Nusantara Ponorogo 92.1 FM melakukan beberapa strategi untuk meningkatkan kualitas penyiarnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya agar penyiar Duta Nusantara Ponorogo 92.1 FM mampu menyajikan acara dan informasi dengan baik, dan mampu menjaga eksistensi Radio Duta Nusantara sendiri agar tidak ditinggalkan oleh pendengarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui strategi dari tim manajemen Radio Duta Nusantara 92.1 FM dalam meningkatkan kualitas penyiarnya di era digital, (2) Mengetahui hasil dari peningkatan kualitas penyiar di era digital.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini, bertujuan menghasilkan data deskriptif berupa kata–kata tertulis atau lisan dari orang–orang yang bersangkutan dengan masalah yang saya angkat. Selanjutnya, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan beberapa teknik penelitian, yakni teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data yang digunakan dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat strategi dari tim manajemen Radio Duta Nusantara Ponorogo 92.1 FM dalam meningkatkan kualitas penyiar di era digital, diantaranya : (1) Konsisten dalam memberikan kebijakan kepada penyiarnya untuk menjaga ketertiban dalam menjalakan suatu program siaran (2) Memberikan sarana kepada penyiar untuk mengikuti pelatihan baik dari internal maupun eksternal (3) Menyediakan sarana dan prasana untuk mempertahankan eksitensinya pada perkembangan zaman, (4) Mempertahankan segmentasinya yang menjadi Radio Multisegmen. Sedangkan, hasil dari peningkatan Kualitas Penyiar tersebut diantaranya : (1) Penyiar Radio Duta Nusantara Ponorogo 92.1 FM selalu menjaga ketertiban jadwal siaran, (2) Kemampuan Penyiar Radio Duta Nusantara Ponorogo 92.1 FM mulai bisa bersaing di media sosial dengan media lain pada Era Digital, (3) Kreativitas penyiar Radio Duta Nusantara Ponorogo 92.1 FM dalam menggunakan media sosial untuk mempertahankan eksistensi Radio Duta Nusantara Ponorogo 92.1 FM mulai meningkat mengikuti perkembangan Era Digital, (4) Keterampilan berkomunikasi penyiar Radio Duta Nusantara Ponorogo 92.1 FM mampu mengajak berinteraksi dengan pendengar maupun penonton.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 01:32
Last Modified: 12 Jun 2023 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24051

Actions (login required)

View Item View Item