NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL HATI SUHITA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Mayanksari, Kufiya Rizka (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL HATI SUHITA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190391_KUFIYA RIZKA MAYANKSARI_PAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Mayanksari, Kufiya Rizka. 2023. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Hati Suhita dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ayunda Riska Puspita, M.A
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Novel Hati Suhita, tujuan Pendidikan Agama Islam

Pendidikan mempunyai peran penting dalam membentuk karakter yang baik pada manusia untuk mengarahkan potensi dasarnya, serta menjadikan peserta didik beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tujuan pendidikan Islam menurut Imam Al-Ghazali, yakni untuk menciptakan manusia yang berilmu serta manusia sempurna (insan kamil) yang mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter tidak hanya dapat dilakukan melalui lembaga pendidikan formal, tetapi juga dapat melalui media cetak dan elektronik salah satunya menggunakan novel. Adapun novel yang saat ini relevan untuk membentuk karakter manusia yakni novel Hati Suhita yang kabarnya sudah merambah ke layar lebar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Hati Suhita dan menjelaskan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dengan tujuan Pendidikan Agama Islam.
Berdasarkan deskripsi pesoalan tersebut, penelitian ini mempunyai dua tujuan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang (1) nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Hati Suhita dan (2) relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Hati Suhita dengan tujuan Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis).
Berdasarkan penelitian tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Hati Suhita dan relevansinya dengan tujuan Pendidikan Agama Islam diperoleh hasil sebagai berikut, pertama, dalam novel Hati Suhita ditemukan semua nilai dari delapan belas nilai pendidikan karakter yang dirumuskan oleh Kemendiknas 2010, yakni religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kedua, relevansi nilai pendidikan karakter dalam novel Hati Suhita dengan tujuan Pendidikan Agama Islam menurut Imam Al- Ghazali ditemukan sepuluh nilai pendidikan karakter, yakni (1) nilai gemar membaca relevan dengan tujuan menuntut ilmu sebagai bentuk bertaqarrub kepada Allah Swt. (2) nilai religius, jujur, toleransi, kerja keras, kreatif, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial dan tanggung jawab relevan dengan tujuan membentuk insan kamil (manusia sempurna).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 01:30
Last Modified: 12 Jun 2023 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24048

Actions (login required)

View Item View Item