Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa di MI Ma'arif Ngrupit Ponorogo

Istiqomah, Aminatul (2023) Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa di MI Ma'arif Ngrupit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190206_AMINATUL ISTIQOMAH_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Istiqomah, Aminatul. 2023. Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Di MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing:Arif Rahman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci: Literasi Budaya, Literasi Kewargaan, Keterampilan Sosial
Keterampilan sosial merupakan perilaku yang perlu dipelajari sebab akan berpengaruh dalam individu ketika berinteraksi, memperoleh respon positif atau negatif, dengan hal tersebut keterampilan sosial diartikan kompetensi yang sangat penting untuk dimiliki semua individu termasuk siswa, guna dapat memelihara hubungan sosial secara positif dengan keluarga, teman sebaya, dan masyarakat. Namun sesuai dengan pengamatan interaksi sosial pada siswa di MI Ma’arif Ngrupit belum diterapkan dengan baik sehingga menunjukan bahwa keterampilan sosial siswa masih tergolong rendah. Namun sebelumnya perlu diketahui, madrasah memiliki jenis kegiatan yang bervariasi yang berkaitan dengan literasi budaya dan kewargaan serta sarana dan prasarana yang mendukung. Oleh karena itu dengan keterampilan sosial siswa yang masih tergolong rendah pihak madrasah menerapkan literasi budaya dan kewargaan ini melalui jenis kegiatan yang banyak dan bervariasi serta sarana dan prasarana yang mendukung untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa menjadi lebih meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah dalam implementasi literasi budaya dan kewargaan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa di MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo. (2) mendeskripsikan hambatan-hambatan dalam implementasi literasi budaya dan kewargaan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa di MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo. (3) mendeskripsikan implikasi literasi budaya dan kewargaan dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa di MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi implementasi literasi budaya dan kewargaan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa serta lembar wawancara kepada kepala sekolah dan guru kelas atas. Teknik analis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan pada penelitian ini terdiri dari perpanjangan penelitian, meningkatkakn ketekunan, dan tringulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) langkah-langkah dalam penerapan literasi budaya dan kewargaan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa di MI Ma’arif Ngrupit melalui kegiatan yang dilaksanakan sangat bervariasi yang melibatkan siswa dengan lingkungan sekitar madrasah seperti pawai ta’aruf, kerja bakti, bakti sosial, santunan anak yatin dan dhuafa, upacara mendatangkan anggota ketahanan Negara dan kepramukaan serta adanya sarana dan prasarana yang mendukung seperti adanya pojok baca kelas, perpustakaan, dan majalah dinding. (2) hambatan-hambatan dalam implementasi literasi budaya dan kewargaan masih adanya siswa yang memiliki sikap introvert atau individualis sehingga terdapat siswa yang tidak bisa menoleransi perbedaan satu dengan yang lain dan sulit untuk merangkul, hal tersebut disebabkan dari faktor lingkungan dan faktor keluarga, namun guru memberikan solusi untuk menyelesaikan hambatan-hambatan tersebut dengan mengadakan evaluasi setiap akhir kegiatan dan memberikan nasihat untuk merangkul satu sama lain. (3) implikasi literasi budaya dan kewargaan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa dapat terlihat dari pelaksanaan kegiatan di madrasah dan tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung memberikan dampak pada keterampilan sosial siswa seperti terjalinya kebersamaan siswa di setiap kegiatan, sikap sosial siswa yang meningkat, toleransi, kepekaan yang tinggi, interaksi satu sama lain menjadi baik, meningkatkatnya rasa percaya diri dan dapat menghargai satu sama lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 01:29
Last Modified: 12 Jun 2023 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24044

Actions (login required)

View Item View Item