Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Mi Roudlatul Huda Madiun

Rofiah, Alifvia Kurniyanti (2023) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Mi Roudlatul Huda Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
203190202_Alifvia Kurniyanti Rofi'ah_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rofi’ah, Alifvia. 2023. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui
Model Cooperative Integrated Reading and Composition pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV MI Roudlatul Huda Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci : Membaca pemahaman, Cooperative Integrated Reading and Composition.
Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan yang ada di kelas IV. Siswa harus bisa membaca teks cerita, memahami makna dan kesimpulan pada teks cerita. Permasalahan kali ini siswa mengalami kesulitan dalam memahami teks cerita dongeng, karena penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik dan minat siswa. Ketepatan dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan minat siswa menjadi poin yang sangat penting dalam keberhasilan pembelajaran salah satunya yaitu penerapan model pembelajaran CIRC guna untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada teks cerita. Alasan peneliti menggunakan model CIRC untuk siswa kelas IV, karena model pembelajaran ini bertujuan untuk mengintegrasikan kemampuan memahami bacaan yang batru dipelajari.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model CIRC dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI Roudlatul Huda Madiun dan untuk mengukur peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV MI Roudlatul Huda Madiun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penggunaan model CIRC.
Jenis penelitian yang akan digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model ini terbagi menjadi II siklus dengan masing-masing siklusnya terdiri atas empat aspek yang harus dilaksanakan yaitu perencanaan (planning), aksi (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif.
Dari hasil analisis yang didapat model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV MI Roudlatul Huda Madiun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada pra siklus persentase ketuntasan siswa hanya sebesar 25% kemudian mengalami peningkatan pada siklus I dengan persentase 43%, kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II dengan persentase 82% dari total jumlah siswa. Dengan demikian, kepada guru SD/MI disarankan untuk selalu menerapkan model pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan bagi siswa, sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi suatu proses yang bermakna. Salah satunya yaitu model CIRC sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 01:26
Last Modified: 13 Jun 2023 05:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24040

Actions (login required)

View Item View Item