Efektivitas Perma Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Administrasi Perkara Dan Persidangan Di Pengadilan Secara Elektronik (Studi Pada Pengadilan Agama Ngawi Dan Pengadilan Agama Ponorogo)

Syarifah, Dyah Ayu (2023) Efektivitas Perma Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Administrasi Perkara Dan Persidangan Di Pengadilan Secara Elektronik (Studi Pada Pengadilan Agama Ngawi Dan Pengadilan Agama Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
TESIS AYU UPLOAD E-THESIS.pdf

Download (820kB)

Abstract

EFEKTIVITAS PERMA NOMOR 7 TAHUN 2022 TENTANG ADMINISTRASI PERKARA DAN PERSIDANGAN DI PENGADILAN SECARA ELEKTRONIK
(Studi Pada Pengadilan Agama Ngawi dan Pengadilan Agama Ponorogo)

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembaharuan ketentuan tentang administrasi perkara dan persidangan di pengadilan secara elektronik yang sebelumnya diatur pada PERMA Nomor 1 Tahun 2019, kini diatur dalam PERMA Nomor 7 Tahun 2022. Pembaharuan ini bertujuan untuk menciptakan peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan. Akan tetapi, pada realitanya terdapat beberapa kendala yang berdampak pada keefektivitasan PERMA Nomor 7 Tahun 2022.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan yuridis-empiris. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tinjauan efektivitas hukum terhadap PERMA Nomor 7 Tahun 2022 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik di Pengadilan Agama Ngawi dan Pengadilan Agama Ponorogo serta tinjauan efektivitas hukum terhadap pemberlakuan surat tercatat dalam PERMA Nomor 7 Tahun 2022 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik di Pengadilan Agama Ngawi dan Pengadilan Agama Ponorogo.
Temuan yang diperoleh dalam penerapan PERMA Nomor 7 Tahun 2022 di Pengadilan Agama Ngawi dan Pengadilan Agama Ponorogo adalah dalam menerpakan PERMA terbaru ini, kedua Pengadilan Agama ini sudah melakukan upaya seperti melakukan sosialisasi kepada pihak-pihak yang bersangkutan dengan jalannya persidangan secara elektronik ini dan juga menyediakan sarana untuk melakukan persidangan secara elektronik seperti melakukan kerjasama dengan pihak eksternal yaitu kantor pos untuk merealisasikan ketentuan PERMA terbaru ini mengenai pemanggilan atau pemberitahuan para pihak melalui surat tercatat. Penerapan PERMA ini dapat dikatakan efektif ketika ketentuan yang ada dalam PERMA tersebut bisa diterapka secara keseluruhan. Akan tetapi pada faktanya, dari kedua Pengadilan Agama yang penulis gunakan untuk penelitian, hanya Pengadilan Agama Ngawi yang sudah dapat dikatakan efektif dalam menerapkan PERMA Nomor 7 Tahun 2022 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik ini. Hal ini karena Pengadilan Agama Ponorogo belum menerapkan ketentuan tersebut secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu, Ahmad Junaidi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 09:11
Last Modified: 09 Jun 2023 09:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24035

Actions (login required)

View Item View Item