Pengaruh Pengetahuan Fatwa DSN-MUI No. 75 Tahun 2009 Tentang PLBS Dan Bonus Poin Terhadap Keputusan Bergabung Bisnis NASA (Natural Nusantara) Di Jenangan Ponorogo

Nggolibah, Putri Sulisiyatul (2023) Pengaruh Pengetahuan Fatwa DSN-MUI No. 75 Tahun 2009 Tentang PLBS Dan Bonus Poin Terhadap Keputusan Bergabung Bisnis NASA (Natural Nusantara) Di Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210216057 - PUTRI SULISIYATUL NGGOLIBAH - HES.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Nggolibah, Putri Sulisiyatul. 2023. Pengaruh Pengetahuan Fatwa DSN MUI No 75 Tentang PLBS Dan Bonus Poin Terhadap Keputusan Bergabung Bisnis NASA (Natural Nusantara) Di Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Khusniati Rafi’ah, M.S.I.

Kata Kunci: Pengetahuan Fatwa DSN MUI No. 75 Tahun 2009, Bonus Poin, Keputusan Bergabung.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya orang yang bergabung dalam bisnis PLBS namun dalam menjalankan bisnisnya belum sesuai dengan fatwa tentang PLBS (Penjualan Langsung Berjenjang Syariah). Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menguji apakah pengetahuan Fatwa DSN MUI No 75 Tentan PLBS dan Bonus Poin berpengaruh terhadap keputusan bergabung bisnis NASA di Jenangan Ponorogo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah pengetahuan Fatwa DSN MUI No. 75 Tahun 2009 tentang PLBS berpengaruh terhadap keputusan bergabung bisnis NASA di Jenangan Ponorogo? (2) Apakah bonus poin berpengaruh terhadap keputusan bergabung bisnis NASA di Jenangan Ponorogo? (3) Apakah pengetahuan Fatwa DSN MUI No. 75 Tahun 2009 tentang PLBS dan Bonus Poin berpengaruh terhadap keputusan bergabung bisnis NASA di Jenangan Ponorogo?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun populasi berjumlah 30, teknik sampling menggunakan sampling total. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner, dengan skala likert sebagai pengukuran.Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini yaitu, Berdasarkan dari uji t pengetahuan Fatwa DSN MUI No 75 berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan bergabung ke bisnis PT NASA. Dengan nilai signifikasi 0,033 < 0,05. Berdasarkan hasil dari uji t bonus poin berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan bergabung ke bisnis PT NASA. Dengan nilai signifikasi 0,007 < 0,05. Sedangkan hasil uji F pengetahuan Fatwa dan bonus poin berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan bergabung bisnis NASA, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 09:11
Last Modified: 09 Jun 2023 09:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24033

Actions (login required)

View Item View Item