MANAJEMEN PENDIDIKAN EKSTRAKURIKULER DALAM PENINGKATANMUTU PENDIDIKAN DI MI KRESNA MADIUN

JUWAINI, JUWAINI (2023) MANAJEMEN PENDIDIKAN EKSTRAKURIKULER DALAM PENINGKATANMUTU PENDIDIKAN DI MI KRESNA MADIUN. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
THESIS_JUWAINI OKA5.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Juwaini.2023. Manajemen Program Ekstrakurikuler Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Kresna Madiun. Tesis, Program Studi menejemen pendidikan Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing.Nur Kolis, S.Ag., M.Ag., Ph.D., Dr.Elfi Yuliani Rochmah,M.Pd.I
Kata Kunci : Manajemen Program Ekstrakurikuler, Mutu Pendidikan.

Program ekstrakurikuler mempunyai kaitan erat dengan mutu pendidikan di sekolah. Namun dalam hal pelaksanaan di lapangan masih terdapat berbagai fenomena mengenai keberadaan ekstrakurikuler. Demikian halnya implementasi ektrakurikuler di MI Kresna Madiun. Lembaga ini mempunyai potensi yang besar dalam pengembangan program ektrakurikuler untuk menunjang mutu lulusan Berdasarkan hasil penelitian bahwa MI Kresna Madiun sebagai salah satu lembaga pendidikan berperan dalam meningkatkan minat dan bakat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1). Implementasi fungsi manajemen program ekstrakurikuler dalam peningkatan mutu lulusan di MI Kresna Madiun, (2) Kendala dan solusi yang diambil dalam implementasi fungsi manajemen program ekstrakurikuler dalam peningkatan mutu lulusan di MI Kresna Madiun, dan (3) Implikasi manajemen program ekstrakurikuler dalam rangka peningkatan mutu di MI Kresna Madiun.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data melalui reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini: 1) Implementasi fungsi manajemen program ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Kresna Madiun dilaksanakan sesuai dengan fungsi manajemen, 2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan implementasi program ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Kresna Madiun yaitu kurangnya sarana pendukung terkadang menggangu proses kegiatan ekstrakurikuler, minat siswa yang tidak konsisten dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Adapun solusi yang dilakukan adalah terus mengoptimalkan fungsi manajemen pengembangan sarana prasarana ekstrakurikuler agar bisa terealisasi secara optimal, untuk masalah pada kendala terhadap minat siswa pada ekstrakurikuler yang dipilih MI Kresna Madiun menerapkan pematangan fungsi manajemen dari pilihan siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang diminati untuk bisa konsisten dan berkembang, dan 3). Implikasi manajemen program ekstrakurikuler dalam rangka peningkatan mutu lulusan Madrasah Ibtidaiyah Kresna Madiun terjadi pada aspek mental kedisiplinan serta semangat sportifitas gigih berjuang, pantang menyerah bagi para siswa yang aktif dan mempunyai nilai bagus pada kegiatan ektrakurikuler. Mereka juga bisa meneruskan bakat minat kemampuannya di bidang ektrakurikuler pada bangku sekolah jenjang selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: NUR KOLIS
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:57
Last Modified: 09 Jun 2023 08:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24032

Actions (login required)

View Item View Item