..(GUNAKAN TTD DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Strategi Bersaing Pasar Tradisioanl di Era Digital Studi pada Pasar warujayeng Tanjunganom Nganjuk

Rohmania, Nur Lailul (2023) ..(GUNAKAN TTD DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Strategi Bersaing Pasar Tradisioanl di Era Digital Studi pada Pasar warujayeng Tanjunganom Nganjuk. Masters thesis, IAIN ponorogo.

[img] Text
NUR LAILUL ROHMANIA, 501210023.pdf

Download (1MB)

Abstract

STRATEGI BERSAING PASAR TRADISIONAL DI ERA DIGITAL
(Studi Pasar Warujayeng Tanjunganom Nganjuk) ABSTRAK

Persaingan yang ketat pasar tradisional warujayeng pada era digital ini, menjadikan para pedagang harus mampu bersaing untuk menghadapi pesaingnya yaitu pasar modern dan e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk persaingan pasar, analisis SWOT untuk mengetahui posisi pasar tradisional, serta penerapan strategi bersaing.
Penelitian dilaksanakan di pasar tradisional Warujayeng Tanjunganom Nganjuk. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif dengan pendekatan lapangan berdasarkan analisis data yang diperoleh dari wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) Bentuk persaingan yang ada pada pasar tradisional warujayeng meliputi persaingan harga, lokasi, kualitas pelayanan, dan kelengkapan produk. 2) Pada analisis SWOT, posisi pasar warujayeng adalah kuat, sehingga strategi yang direkomendasikan adalah strategi SO yaitu memanfaatkan dukungan dari pemerintah, mempertahankan kualitas produk, mempertahankan hubungan kerja yang baik, biaya, produksi rendah dan memperluas jaringan. 3) Berdasarkan bentuk strategi bersaing serta analisis SWOT yang telah dilakukan maka strategi bersaing yang digunakan meliputi fokus pelanggan, peningkatan kualitas, intregitas dan kreativitas, inovasi dan tanggung jawab, serta biaya produksi rendah. Hal ini sesuai dengan strategi milik
Porter yaitu strategi biaya rendah, diferensiasi produk, serta fokus.

Kata Kunci: Strategi Bersaing, Bentuk Persaingan, Analisis Swot

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:37
Last Modified: 09 Jun 2023 08:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24028

Actions (login required)

View Item View Item