..(PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN GUNAKAN TTD ASLI DI ATAS MATERAI, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Kepemimpinan Kiai Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Karasan Kartoharjo Magetan)

Hanifah, Kirana Apriliany Nur (2023) ..(PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN GUNAKAN TTD ASLI DI ATAS MATERAI, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Kepemimpinan Kiai Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Karasan Kartoharjo Magetan). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
edit A5 watermark.docx

Download (1MB)

Abstract

Pondok Pesantren Al-Ikhlas Karasan merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam di Magetan berbasis Salafiyah yang diasuh oleh KH Hamim Jazuli. Dalam kepemimpinan Beliau untuk menghadapi tantangan masa depan global, tidak hanya menekankan arah pendidikannya kepada aspek kecerdasan intelektual, tapi yang lebih penting adalah mengajarkan ilmu-ilmu agama (tafaqquh fī al-dīn) dan pendidikan sikap mental (mental attitude) sebagai bekal mengabdi di tengah masyarakat. Semua santri dituntut untuk bisa mengembangkan keilmuwan tidak hanya pesantren namun juga ilmu umum. Ciri khas dari pondok pesantren ini adalah mengedepankan kemampuan santri dalam tiga bidang pokok, yaitu bahasa, tahfidz, dan kitab kuning. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan menganalisis gaya kepemimpinan Kiai dalam peningkatan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Karasan Kartoharjo Magetan, 2) Mengetahui dan menganalisis strategi Kiai dalam peningkatan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Karasan Kartoharjo Magetan, 3) Mengetahui dan menganalisis implikasi kepemimpinan Kiai dalam peningkatan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Karasan Kartoharjo Magetan. Penelitian ini menghasilkan temuan: 1) Gaya kepemimpinan Kiai di pondok pesantren ini adalah demokratis dan otoriter pada saat tertentu. 2) Kiai mempunyai dua strategi besar yaitu meningkatkan kualitas sarana pendidikan yang dibutuhkan santri dan pemilihan kurikulum yang diterapkan di pondok pesantren (formal, non formal, dan kurikulum yang dibuat yayasan sendiri) termasuk juga pendidik dan tenaga kependidikannya. 3) Implikasi kepemimpinan Kiai terhadap peningkatan mutu adalah terwujudnya proses pembelajaran yang PAKEM (Pendidikan Aktif, Kreatif, Menyenangkan) sebagai budaya mutu pendidikan.
Kata Kunci : Kepemimpinan, Kiai, Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:33
Last Modified: 09 Jun 2023 08:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24023

Actions (login required)

View Item View Item