Analisis Framing Pemberitaan Tragedi Stadion Kanjuruhan Di Media Kompas.com

Putra, Kevin Pramana (2023) Analisis Framing Pemberitaan Tragedi Stadion Kanjuruhan Di Media Kompas.com. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
skripsi kevin kpi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tragedi stadion Kanjuruhan merupakan tragedi sepak bola terbesar nomer 2 di dunia. Tragedi yang terjadi pada tanggal 1 Oktober 2022 itu menjadi pusat perhatian masyarakat. Pemberitaan mengenai tragedi stadion Kanjuruhan ada diberbagai media, baik media salah satunya media online. Media online pada saat ini merupakan hal yang sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Salah satunya Kompas.com media online yang gencar memberitakan tragedi stadion Kanjuruhan dari mulai tragedi hingga tindak lanjut dari pemrosesan tragedi stadion Kanjuruhan. Penelitian ini meneliti sepuluh berita dari media Kompas.com tentang pemberitaan tragedi Kanjuruhan, yang menjadi tragedi sepak bola terbesar di Indonesia. Tujuan dan Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Kompas.com membingkai sepuluh beritanya dengan empat struktur framing yaitu sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Penelitian ini merupakan penelitian Analisis framing yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis teks media. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi non partisipan dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki dengan empat struktur dalam melihat berita yaitu sintaksis, skrip, tematik, dan retoris.
Hasil dari penelitian ini adalah dari empat struktur , struktur Sintaksis media Kompas.com mendefinisikan masalah yang terjadi tentang kerusuhan suporter dengan aparat keamanan dalam tragedi stadion Kanjuruhan. Struktur Skrip membingkai pemberitaannya dengan masalah yang terjadi pada tanggal 1 Oktober 2022 dilapangan bahwa awal tragedi stadion Kanjuruhan dimulai dari ke kecewaan suporter atas kekalahan Arema FC atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan liga Indonesia, tapi penyebab utama dari besarnya tragedi stadion Kanjuruhan. Struktur Tematik Kompas.com menunjukkan pembandingan antara data temuan dengan pernyataan yang disampaikan oleh narasumber terkait tragedi stadion Kanjuruhan. Struktur Retoris media Kompas.com menunjukkan penggunaan gambar dan kata dalam memberikan penekanan dalam setiap beritanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:31
Last Modified: 09 Jun 2023 08:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24022

Actions (login required)

View Item View Item