Permohonan Dispensasi Kawin Di Pengadilan Agama Pacitan Perspektif Dar’ul Mafāsid Muqoddamun ‘Ala Jalbil Maṣāliḥ.

Annajiah, Durrotun Nahdliah (2023) Permohonan Dispensasi Kawin Di Pengadilan Agama Pacitan Perspektif Dar’ul Mafāsid Muqoddamun ‘Ala Jalbil Maṣāliḥ. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi_Perpus.pdf

Download (4MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dengan dukungan teknologi informasi yang serba canggih, fenomena yang akhir-akhir ini berkembang di tengah masyarakat Kabupaten Pacitan semakin marak adanya perkawinan di bawah umur yang terjadi di kalangan masyarakat baik di perkotaan maupun di pedesaan. Pengadilan Agama sebagai instansi yang menjalankan proses hukum yang jelas dalam kaitanya dengan kenaikan pernikahan di bawah umur, tentunya sebelum memberikan dispensasi kawin terlebih dahulu melihat latarbelakang yang menjadikannya perlu untuk diberikan dispensasi kawin. Data di Pengadilan Agama Pacitan hingga tahun 2022 menunjukkan angka kenaikan permohonan dispensasi kawin dengan alasan berbagai faktor. Penyebab tingginya angka permohonan dispensasi kawin salah satu diantaranya yakni, kurangnya pemahaman atau edukasi mengenai konsep dispensasi kawin bagi perkawinan di bawah umur, dan berujung pada orientasi pelegalan atas perkawinan di bawah umur tersebut. Hal ini menjadi problematika atau permasalahan yang sangat komplek dan memerlukan kajian ilmiah sebagai jawaban atas berbagai permasalahan yang di batasi tersebut.
Penelitian ini akan meneliti tentang (1) bagaimana pelaksanaan dispensasi kawin di Pengadilan Agama Pacitan Perspektif Dar’ul Mafāsid Muqoddamun ‘Ala Jalbil Maṣāliḥ, (2) bagaimana dampak pelaksanaan dispensasi kawin bagi legalisasi perkawinan di bawah umur dan kedudukannya bagi janda atau duda di bawah umur perspektif Dar’ul Mafāsid Muqoddamun ‘Ala Jalbil Maṣāliḥ.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Adapun hasil penelitian “Permohonan Dispensasi Kawin Di Pengadilan Agama Pacitan Perspektif Dar’ul Mafāsid Muqoddamun ‘Ala Jalbil Maṣāliḥ.”, hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) pelaksanaan dispensasi kawin di Pengadilan Agama Pacitan telah sesuai prosedur mekanisme pengajuan perkara gugatan, dimana pemohon belum memenuhi persyaratan dalam ketentuan usia baik pihak laki-laki maupun perempuan. (2) Dampak Dispensasi Kawin terhadap legalitas perkawinan di bawah umur perspektif “Dar’ul Mafāsid Muqoddamun ‘Ala Jalbil Maṣāliḥ.” adalah sebagai solusi untuk memberikan legalitas secara khusus terhadap pernikahan di bawah usia perkawinan 19 tahun yang mendesak atau darurat kawin, dalam rangka mencegah mafsadah (dar-ul mafāsid) yang ditimbulkan akibat perzinaan dan/atau menutup jalan menuju perzinaan yang harus diprioritaskan daripada mengambil kemashlahatan. Selanjutnya kedudukan Dispensasi Kawin bagi janda atau duda di bawah umur 19 tahun yang mampu menunjukkan surat cerai resmi maka tidak lagi diperlukan adanya Dispensasi Kawin dari Pengadilan Agama, karena secara hukum negara, status janda atau duda resmi tersebut menjadikan seseorang dianggap telah dewasa. Sebaliknya bagi mereka yang tidak mampu menunjukkan surat cerai resmi dari pengadilan maka dispensasi kawin diperlukan sebagai way out atau jalan keluar dari kebuntuan hubungan calon suami dan calon isteri yang masih belum mencapai batas minimal usia pernikahan 19 tahun serta sebagai tindakan represif untuk menghentikan mafsadah atau mengutamakan kemaslahatan lebih utama dari pada menimbulkan banyak kemafsadatan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rif'ah Roihanah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:27
Last Modified: 09 Jun 2023 08:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24013

Actions (login required)

View Item View Item