Konsep Adab Terhadap Guru Dalam Menuntut Ilmu Perspektif KH. Hasyim Asy'ari Dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak Pada MA Kelas X.

Sari, Novinda Ellysta (2023) Konsep Adab Terhadap Guru Dalam Menuntut Ilmu Perspektif KH. Hasyim Asy'ari Dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak Pada MA Kelas X. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190202_NOVINDA ELLYSTA SARI _PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Sari, Novinda Ellysta. 2023. Konsep Adab Terhadap Guru Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak pada MA Kelas X. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I.

Kata Kunci: Adab Terhadap Guru, Menuntut Ilmu, Materi Akidah Akhlak.

Adab merupakan sebaik-baik perhiasan yang mampu menghindarkan manusia dari segala mara bahaya. Adab mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penanaman adab seseorang yaitu melalui kegiatan pembelajaran dalam ranah pendidikan. Dalam kegiatan pembelajaran adab sangat penting untuk diimplementasikan terutama adab terhadap guru. Fenomena-fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan saat ini, sebagai cerminan tentang merosotnya adab murid. Dengan melihat problematika yang terjadi dalam dunia pendidikan, terkhusus adab seorang murid terhadap guru, penulis ingin membahas lebih dalam mengenai adab dengan mempelajari lebih jauh konsep adab terhadap guru perspektif KH. Hasyim Asy’ari, seorang ulama’ besar yang telah memberikan banyak sumbangan pemikiran ilmu pengetahuan terutama dalam ranah pendidikan agama. Konsep-konsep KH. Hasyim Asy’ari merupakan jawaban atas berbagai permasalahan mengenai adab.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep adab terhadap guru perspektif KH. Hasyim Asy’ari (2) untuk mendeskripsikan relevansi konsep adab terhadap guru perspektif KH. Hasyim Asy’ari dengan materi Akidah Akhlak pada MA Kelas X.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian deskriprif kualitatif dengan pendekatan library research. Sumber data yang digunakan adalah kitab Ādāb al-‘Ālim wa al-Muta‘allim dan buku siswa Akidah Akhlak pada MA kelas X. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi pustaka. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) konsep adab terhadap guru perspektif KH. Hasyim Asy’ari ada dua belas, yaitu berusaha istikharah mencari guru yang tepat, mencari guru yang kenyang akan ilmu, patuh dan bertata krama kepada guru, memuliakan guru, menunaikan hak-hak guru, husnudzan kepada guru, bertata krama ketika menemui guru, bertata krama ketika berada satu ruangan dengan guru, jika tidak setuju dengan guru, pelajar harus tetap bertata krama, menunjukkan sikap semangat belajar kepada guru, bertata krama dalam komunikasi dengan guru, dan bertata krama kepada guru dalam segala situasi dan kondisi. (2) relevansi konsep adab terhadap guru perspektif KH. Hasyim Asy’ari dengan materi Akidah Akhlak pada MA kelas X yaitu konsep adab terhadap guru tentang murid harus patuh dan beradab kepada guru, relevan dengan menunjukkan rasa rendah hati, hormat serta sopan santun dan menaati perintahnya selama perintah itu tidak bertentangan dengan agama. Konsep adab terhadap guru tentang murid harus menunaikan hak guru, relevan dengan selalu menjaga nama baik guru, mengunjungi guru ketika tertimpa musibah, dan tetap mengakui sebagai guru walaupun sudah tidak mengajar lagi. Konsep adab terhadap guru tentang murid harus bertata krama ketika berada dalam satu ruagan dengan guru, relevan dengan memperhatikan ketika guru sedang memberikan pelajaran. Konsep adab terhadap guru tentang murid harus bertata krama kepada guru dalam segala situasi dan kondisi, relevan dengan jika bertemu guru ucakapkanlah salam dan patuh terhadap tata tertib sekolah berarti pula patuh terhadap guru dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:26
Last Modified: 09 Jun 2023 08:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24011

Actions (login required)

View Item View Item