..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UBAH FLE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 2 Ponorogo

Batubara, Cholilah Mekarsari (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UBAH FLE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
CHOLILAH MEKARSARI_206190133_E-THESIS.doc

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan bagaikan penelitian yang tidak habis dibahas dan tidak lekang dimakan waktu. Terlebih jika konteks pembahasannya mengenai kurikulum pendidikan. Menurut Surat Edaran dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo Nomor 094/6655/405.07/2022 tentang Pengisian Survei Lingkungan Belajar, Platform Merdeka Belajar, dll. Adanya SE Pemberitahuan tersebut, memberikan peluang kepada SMP Negeri 2 Ponorogo dalam mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan melalui program kurikulum merdeka belajar. Terdiri dari program-program penunjang serta program pengembangan, SMP Negeri 2 Ponorogo mampu menjawab tantangan kebutuhan pendidikan di masa sekarang.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui (1). Kebijakan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, (2). Strategi Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, dan (3). Implikasi Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dan penelitian ini antara lain Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, dan Tenaga Pendidik. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan pendekatan tringulasi yaitu melakukan pengamatan secara cermat dan berkesinambungan agar mendapatkan data secara akurat dan sistematis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 2 Ponorogo, yakni: (1). Kebijakan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dengan menggunakan manajemen POAC dan metode analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Threats) dengan fokus utama program, proyek, kegiatan, dan pemanfaatan. (2). Strategi Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan menggunkan teori juran yaitu input, process, dan output. Input: seminar, workshop, in house training, aplikasi basis teknologi Platform Merdeka Mengajar (PMM), dan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Process: Update Skill dan Ilmu Sesuai dengan Bidangnya, Aplikasi Platform Merdeka Mengajar , Wadah Diskusi MGMP dan MGMPs, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Output: memberikan hak kepada siswa untuk mengembangkan potensi, minat, bakatnya untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah, Mengaplikasikan 3B (Belajar, Berubah, Berbagi) Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). (3). Implikasi Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan terdiri dari keluaran implikasi internal: Program Akademik CI (Cerdas Istimewa), Terealisasi Kredo Sekolah: DAPO SMART PRO, Aksi Nyata Guru, Sertifikasi Pelatihan Mandiri Guru, Lembar Supervisi Kepala Sekolah. Implikasi Eksternal: Prestasi Akademik dan Non Akademik, Berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan Pengrajin Batik Kabupaten Ponorogo, dengan Dukungan Orangtua Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:11
Last Modified: 09 Jun 2023 08:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24008

Actions (login required)

View Item View Item