Profil Kesiapan Anak Bersekolah Pada Jenjang Pendidikan Dasar Di TK Muslimat NU 001 Ponorogo

Cahyani, Febri (2023) Profil Kesiapan Anak Bersekolah Pada Jenjang Pendidikan Dasar Di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI 205190013 FEBRI CAHYANI New.pdf

Download (1MB)

Abstract

Cahyani, Febri. 2023. Profil Kesiapan Anak Bersekolah Pada Jenjang Pendidikan Dasar Di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I

Kata Kunci : Kesiapan Anak Bersekolah, Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar

Kesiapan anak untuk sekolah didefinisikan sebagai kemampuan anak mengelola dirinya dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan sosial emosional yang merupakan hasil interaksi anak secara terus-menerus dengan berbagai pengalaman di lingkungan anak tumbuh dan berkembang sehingga dapat beradaptasi dengan tantangan belajar di jenjang berikutnya. Kesiapan anak berfokus pada pembelajaran dan pekembangan anak dengan dukungan dari para pendidik, sehingga anak secara bertahap dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar yang baru.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mempersiapkan anak bersekolah pada jenjang pendidikan dasar TK Muslimat NU 001 Ponorogo; (2) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan anak bersekolah pada jenjang pendidikan dasar di TK Muslimat NU 001 Ponorogo; dan (3) untuk mendeskripsikan profil kesiapan anak bersekolah pada jenjang pendidikan dasar di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengunpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan konsep dari Milles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) strategi yang diterapkan guru dalam mempersiapkan anak bersekolah pada jenjang pendidikan dasar di antaranya strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran tidak langsung dengan memberikan program layanan dan fasilitas seperti alat permainan edukatif, buku bacaan, dan majalah; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan anak bersekolah pada jenjang pendidikan dasar adalah kematangan, yaitu kondisi anak berupa keadaan kesehatan dan emosional yang baik, lingkungan sekitar, seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat, serta peran guru; (3) profil kesiapan anak bersekolah memasuki pendidikan dasar di TK Muslimat NU 001 Ponorogo berbeda-beda, akan tetapi mayoritas berkembang sesuai harapan (BSH), hal ini dibuktikan dengan kemampuan mencapai beberapa indikator kriteria kesiapan anak bersekolah pada jenjang pendidikan dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:08
Last Modified: 09 Jun 2023 08:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24007

Actions (login required)

View Item View Item