PERAN ORANG TUA DALAM MEMBINA MORAL REMAJA (Studi Pada Keluarga Pedagang Kaki Lima Alun-alun Ponorogo)

Edo Wardo, Frengki (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBINA MORAL REMAJA (Studi Pada Keluarga Pedagang Kaki Lima Alun-alun Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
FRENGKI EDO WARDO (211516043) BPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Frengki Edo Wardo, (1211516043), Peran Orang Tua Dalam membina Moral Remaja (studi pada keluarga pedagang kaki lima di alun-alun ponorogo), Skripsi: Program Studi Bimbingan Penyluhan Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, IAIN Ponorogo. Pembimbing: Kayyis Fithri Ajhuri, M.A,

Kata Kunci: Peran Orang Tua, Membina, Moral Remaja

Remaja zaman sekarang sulit jika hanya dinasehati dan diberikan contoh saja, disini orang tua harus memiliki cara-cara bagaimana orang tua bisa membina moral remaja untuk berakhlakul karimah atau bermoral yang baik. Dalam hal ini orang tua memiliki peran yang sangat penting terhadap para remaja, membimbing remaja dengan cara bermacam-macam, karena jika remaja dibimbing hanya melalui nasehat, dan memberikan pengarahan terhadap mereka tentang hal-hal yang mereka belum pahami itu tidak cukup, karena remaja sekarang sulit untuk mengerti apa yang dilakukan orang tuanya kepada mereka. Seperti yang sudah peneliti amati di lingkungan keluarga pedagang kaki lima alun-alun Ponorogo orang tua yang membimbing remaja hanya dengan menasehati dan memberikan contoh saja belum tentu mereka mendengarkan atau melaksanakannya.
Pertanyaan peneliti dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya orang tua dalam membina moral remaja, faktor pendukung dan penghambat dalam membina moral remeja dan langkah-langkah orang tua dalam mebina moral remaja pada keluarga pedagang kaki lima di alun-alun Ponorogo.
Penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap lima keluarga yang memiliki anak remaja, yang bersedia untuk dimintai informasi. orang tua dan remaja yang sudah melakukan kewajibannya yaitu membimbing, megarahkan remaja, yang berada pada keluarga pedagang kaki lima di alun-alun Ponorogo.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di keluarga pedagang kaki lima alun-alun Ponorogo, beragam upaya yang dilakukan orangtua dalam membina moral remaja yaitu memberikan, contoh tauladan, bimbingan, arahan, dan menanamkan nilai-nilai agama dari kecil. Faktor-faktor pendukung dan penghambat yaitu faktor didikan orangtua, lingkungan, dan anak itu sendiri, langkah-langkah yang dilakukan orang tua menanamkan anak akidah islam dan nilai-nilai moral dari kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fitri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:02
Last Modified: 13 Jun 2023 02:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23996

Actions (login required)

View Item View Item