Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan Di MTsN 1 Ponorogo

Hidayah, Nurul (2023) Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan Di MTsN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190056_NURUL HIDAYAH_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hidayah, Nurul. 2023. Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan di MTsN 1 Ponorogo. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Abdul Kholiq MBA.

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Kepala Madrasah, Kinerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan.

Kinerja merupakan hasil kerja secara kualitas maupun kuantitas seseorang dalam melaksanakan tugas tertentu. Dalam lembaga pendidikan kualitas dan kuantitas kinerja SDM tenaga pendidik dan kependidikan perlu ditingkatkan supaya tujuan lembaga tersebut dapat tercapai secara maksimal. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kinerja adalah kepala madrasah. Kepala madrasah sangat berkontribusi melalui kepemimpinannya dalam mencapai keberhasilan pendidikan di madrasah. Kepala madrasah mampu berkomunikasi dengan tenaga pendidik dan kependidikan secara baik adalah salah satu keberhasilan. Kemampuan itu berguna karena melaui komunikasi, kepala madrasah dapat memahami seberapa banyak tenaga pendidik melaksanakan pekerjaannya serta melakukan upaya dorongan untuk meningkatkan kinerja pegawainya.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis (1) Penerapan komunikasi interpersonal kepala madrasah terhadap kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di MTsN 1 Ponorogo; (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan komunikasi interpersonal kepala madrasah di MTsN 1 Ponorogo; (3) Dampak komunikasi interpersonal kepala madrasah terhadap kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di MTsN 1 Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala madrasah, guru, dan staff tata usaha. Dari hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan empat tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan komunikasi interpersonal kepala madrasah terhadap kinerja tenaga pendidik dan kependidikan diantaranya adanya keterbukaan, dorongan, empati, sikap positif dan kesamaan. (2) Faktor pendukung komunikasi interpersonal: informasi dirancang sedemikian rupa, adanya kewibawaa komunikator, komunikan memiliki pengetahuan yang luas. Faktor penghambat: hambatan fisik dan proses (3) Dampak komunikasi interpersonal kepala madrasah terhadap kinerja adanya peningkatan kualitas dan kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas, kemandirian, dan komitmen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abdul Kholiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:58
Last Modified: 09 Jun 2023 07:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23994

Actions (login required)

View Item View Item