PENERAPAN SYAWIR DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DENGAN MENGGUNAKAN KITAB MABADI FIKIH DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-AMIN HUDATUL MUNA JENES BROTONEGARAN PONOROGO

Santika, Dya Mulya (2023) PENERAPAN SYAWIR DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DENGAN MENGGUNAKAN KITAB MABADI FIKIH DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-AMIN HUDATUL MUNA JENES BROTONEGARAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190347_DYA MULYA SANTIKA_SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Dya Mulya Santika, 2023: Penerapan Syawir Dalam Pembelajaran Fikih Dengan Menggunakan Kitab Mabadi Fikih Di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Hudatul Muna Jenes Brotonegaran Ponorogo. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Ponorogo. Pembimbing: Erwin Yudi Prahara, M.Ag

Kata Kunci: Metode Syawir, kitab Mabadi Fikih, pemahaman santri.

Penerapan metode merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran yakni sebagai cara atau jalan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien, salah satu metode yang diterapkan di pesantren adalah metode syawir atau lebih dikenal diskusi dalam pendidikan formal. Dalam penerapan metode syawir ini terbagi menjadi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, apabila ketiga hal tersebut terlaksana maka proses penerapan metode bisa memberikan keberhasilan pada proses pembelajaran. Penerapan metode syawir ini adalah pada pembelajaran fiqih kitab Mabadi Fikih, yakni merupakan kitab klasik karangan ulama terdahulu yang berisikan pelajaran fiqih keseharian seperti fiqih Ibadah, Muamalah, Munakahat dan Jinayat.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan metode syawir pada pembelajaran fikih kitab Mabadi Fikih dalam meningkatkan pemahaman Fikih di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Hudatul Muna Ponorogo. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode syawir pada pembelajaran fikih kitab Mabadi Fikih dalam meningkatkan pemahaman Fikih di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Hudatul Muna Ponorogo. 3) Mendeskripsikan evaluasi metode Syawir pada pembelajaran fikih kitab Mabadi Fikih dalam meningkatkan pemahaman Fikih di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Hudatul Muna Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles dan Hubermen berupa tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan datanya mengunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) Perencanaan metode syawir yang dilaksanakan di pondok pesantren putri Al-Amin dimulai dengan dari pembentukan kelompok yang mana kelompok tersebut diatur sesuai kelas kemudian penentuan bab yang akan dibaca atau dibahas dan penentuan pengurus syawir yang akan membacakan makro’ yang akan dibahas, serta membagi petugas syawir yang lainnya. (2) Pelaksanaan metode syawir di pondok pesantren putri Al-Amin diawali dengan melalar nadhom ‘Imriti bersama-sama seluruh santri, kemudian dimulai dengan mukaddimah dan tawassul, kemudian pembacaan kitab, penyampaian pertanyaan, penjelasan pertanyaan, penyampaian jawaban, pengkategorisasian jawaban, debat argumentatif, pengkoreksian mushahih. (3) Evaluasi metode syawir di pondok pesantren putri Al-Amin dilaksanakan setelah pelaksanaan metode syawir, dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai materi yang telah didiskusikan bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:57
Last Modified: 09 Jun 2023 07:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23991

Actions (login required)

View Item View Item