Efektivitas Metode Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN 2 Tonatan Ponorogo.

Fadilla, Dinar Noor (2023) Efektivitas Metode Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN 2 Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190227-Dinar Noor Fadilla-Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah..pdf

Download (2MB)

Abstract

Fadilla, Dinar Noor, 2023. Efektivitas Metode Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN 2 Tonatan Ponorogo. Skripsi, jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Lukman Hakim, M.Pd.

Kata kunci: Metode Picture and Picture; Keterampilan Menulis; Karangan Narasi

Menulis menjadi hal dasar yang harus dikuasai setiap anak. Melihat realita yang ada, banyak siswa salah dalam penulisan dan kesulitan menceritakan suatu topik dalam bentuk tulisan. Sebenarnya siswa SD/MI memiliki daya khayal yang tinggi, akan tetapi siswa masih sulit untuk menuangkan idenya melalui rangkaian kata atau kalimat menjadi sebuah paragraf yang bagus, sehingga siswa tidak mampu menulis karangan narasi karena siswa tidak tahu harus bagaimana mengawalinya. Maka dari itu diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis. Salah satu metode yang bisa digunakan yaitu metode picture and picture dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi karena siswa dapat melihat secara langsung gambar yang akan dijadikan objek tulisan, sehingga siswa memperoleh kemudahan dalam kegiatan menulis dan siswa lebih termotivasi dan tertarik.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui penerapan menulis karangan narasi menggunakan metode picture and picture siswa kelas IV SDN 2 Tonatan Ponorogo; 2) untuk mengetahui pengaruh metode picture and picture terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 2 Tonatan Ponorogo; 3) untuk mengetahui efektivitas penerapan metode picture and picture terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 2 Tonatan Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan model quasi experimental design yaitu dengan uji Pre-Test dan Post-Test kepada siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan siswa 16 anak serta kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan siswa 16 anak. Instrumen penelitian ini bertujuan untuk mengetahui uji hipotesis penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan metode picture and picture ini dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Tonatan Ponorogo pertamanya peneliti memberikan soal tentang karangan narasi selanjutnya siswa membuat judul karangan bervariasi sesuai dengan cerita yang akan dibuat sendiri oleh siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dimana pada pertemua pertama tanpa menggunakan perlakuan, peneliti melakukan pre-test siswa menulis karangan narasi berdasarkan tema pengalaman yang tidak terlupakan. Kemudian pertemuan kedua menerapkan metode picture and picture siswa diberikan post-test dengan mengurutkan gambar yang sesuai dan menuliskan menjadi sebuah karangan narasi yang baik. (2) Penggunaan metode picture and picture dalam pengolahan data berpengaruh signifikan terhadap pengaruh keterampilan menulis karangan narasi. Rata-rata hasil tes awal yang dilakukan pada kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan yaitu menggunakan metode picture and picture adalah 60,81 meningkat menjadi 86,31, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai 56,09 dan meningkat menjadi 75,37. Dan apabila dilihat dari signifikansinya yaitu sebesar 0,002 dan dibandingkan dengan 0,05 maka nilai signifikansi 0,002 lebih kecil dari 0,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh pada keterampilan menulis karangan narasi menggunakan metode picture and picture pada siswa SDN 2 Tonatan Ponorogo.
Pada kelas ekperimen menunjukkan adanya efektivitas menggunakan metode picture and picture terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 2 Tonatan Ponorogo. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata N – Gain Score pada kelas eksperimen sebesar 63,3381% atau 63,3% termasuk dalam kategori cukup efektif, karena nilai N-Gain Score yang berada pada kisaran 56% sampai dengan 75% masuk kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:56
Last Modified: 09 Jun 2023 07:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23989

Actions (login required)

View Item View Item