Manajemen Strategik dalam Pengembangan Kewirausahaan di SMPN 2 SATAP Jambon Ponorogo

Hanandini, Dita Amalia (2023) Manajemen Strategik dalam Pengembangan Kewirausahaan di SMPN 2 SATAP Jambon Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
502210012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Era pesatnya perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, memberikan banyak keuntungan dan kerugian dalam kehidupan masyarakat. Salah satu kerugian yang terjadi adalah adanya peningkatan angka pengangguran dalam masyarakat, baik masyarakat yang memiliki jenjang pendidikan sekolah dasar sampai perguruan tinggi.Pengangguran pada umumnya disebabkan banyaknya jumlah pencari kerja yang tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia.Hal tersebut dapat dilihat dari data Badan Pusat Statistika Per Bulan Agustus 2021 yang menyatakan bahwa jumlah pengangguran di Indonesia sebanyak 9,1 juta orang, jumlah tersebut turun sekitar 670.000 orang dari angka pengangguran per bulan Agustus 2020. Akan tetapi angka pengangguran pada tahun ini juga masih cukup tinggi. Menyikapi perkembangan dan perubahan teknologi, budaya, dan gaya hidup yang terjadi dengan cepat di dunia saat ini, maka dunia pendidikan Indonesia mengantisipasi melalui penguatan keterampilan dan jiwa kewirausahaan pesrta didik. Salah satu mata pelajaran yang mengembangkan keterampilan dan kewirausahaan adalah prakarya yang bertujuan mengembangkan keterampilan peserta didik. SMPN 2 SATAP Jambon adalah lembaga pendidikan satu-satunya di Ponorogo yang menerapkan kewirausahaan pada jenjang menengah pertama. SMPN 2 SATAP Jambon Ponorogo adalah sekolah yang menerapkan kewirausahaan kepada siswanya. Maka dari itu diperlukan manajemen strategik dalam pengembangan kewirausahaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan, mendeskripsikan dan menganalisis perumusan, implementasi, dan evaluasi strategik dalam pengembangan kewirausahaan yang dilaksanakan di SMPN 2 SATAP Jambon Ponorogo.
Peneliti menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan studi kasus tunggal yaitu tempat atau lokasi penelitian hanya satu. Metode yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data penelitian yaitu metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis datanya menguunakan model Matthew B. Milles, A. Michael Huberman, dan Saldana sebagai acuan. Analisis data penelitian berupa pengumpulan data, pengayaan data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perumusan strategi dalam pengembangan kewirausahaan di SMPN 2 SATAP Jambon Ponorogo meliputi asesmen lingkungan internal dan eksternal, Perumusan visi dan misi, menyusun RKS. 2) Implementasi strategi dalam pengembangan kewirausahaan di SMPN 2 SATAP Jambon Ponorogo meliputi, Pengintegrasian ke dalam pelajaran, Pengintegrasian ke dalam ekstrakurikuler, Pemasaran produk. (3). Evaluasi strategi yang dilakukan dalam pengembangan kewirausahaan di SMPN 2 SATAP Jambon Ponorogo meliputi, Evaluasi Formatif dan Sumatif, Rapat Bulanan, Rapat Semester. Hasil dari evaluasi manajemen strategi dalam pengembangan kewirausahaan di SMPN 2 SATAP Jambon Ponorogo sudah baik, dpat dilihat dari beberapa indikator berikut: 1) kepemimpinan yang kreatif, 2) reputasi sekolah menjadi lebih baik, 3) animo yang baik dari masyarakat.

Kata Kunci: Manajemen Strategi, Pengembangan Kewirausahaan

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: 1. Dr. Muhammad Thoyib, M. Pd 2. Dr. M. Syafiq Humaisi, M. Pd
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:49
Last Modified: 09 Jun 2023 08:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23983

Actions (login required)

View Item View Item