Kesadaran Hukum Pelaku Usaha Industri Pangan Pascaimplementasi Program Sertifikasi Halal Gratis Dalam Perspektif Maslahah (Studi Kasus Di Kecamatan Geger Kabupaten Madiun).

Lutviana, Via (2023) Kesadaran Hukum Pelaku Usaha Industri Pangan Pascaimplementasi Program Sertifikasi Halal Gratis Dalam Perspektif Maslahah (Studi Kasus Di Kecamatan Geger Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190051_VIA LUTVIANA_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

LUTVIANA, VIA, 2023, Kesadaran Hukum Pelaku Usaha Industri Pangan Pascaimplementasi Program Sertifikasi Halal Gratis Dalam Perspektif Mas}lah}ah (Studi Kasus di Kecamatan Geger Kabupaten Madiun). Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Soleh Hasan Wahid, M.H.

Kata Kunci: Kesadaran Hukum, Mas}lah}ah, Sertifikasi Halal, Gratis
Jaminan produk halal bagi para masyarakat adalah suatu hal yang sangat penting, bentuk dari pemberian jaminan produk halal adalah dengan sertifikasi halal, sertifikasi halal adalah proses klarifikasi dan pemastian terhadap produk-produk yang kehalalannya masih bersifat samar-samar. Dengan adanya program sertifikasi halal maka perlu adanya kajian Maslahah yang dianggap penting untuk diteliti, karena tujuan dari setiap kegiatan adalah mengandung suatu kebaikan sehingga dapat memberi manfaat bagi pelakunya. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada beberapa masyarakat di Kecamatan Geger Kabupaten Madiun tentang kesadaran hukum pelaku usaha industri pangan pascaimplementasi program sertifikasi halal gratis telah didapatkan informasi dari beberapa produsen makanan bahwa pelaku usaha dan masyarakat desa masih kurang pengetahuan tentang sertifikasi halal, hal ini disebabkan karena kurangnya penyuluhan tentang sertifikasi halal dan juga kurangnya antusias masyarakat dalam mencari informasi tentang program sertifikasi halal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: pertama, bagaimana terhadap pemahaman pelaku usaha industri pangan di Kecamatan Geger Kabupaten Madiun terhadap program sertifikasi halal gratis?. Kedua, bagaimana terhadap konsistensi pelaku usaha industri pangan di Kecamatan Geger Kabupaten Madiun dalam menjaga kehalalan produk setelah mendaftar sertifikasi halal gratis?.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research)/ pendekatan kualitatif, yang berarti peneliti melakukan pengamatan langsung tentang fenomena yang terjadi di lapangan. Sedangkan pengamatan dalam pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa para pelaku usaha di Kecamatan Geger Kabupaten Madiun sebagian besar sudah melakukan tindakan-tindakan yang baik, namun karena kurangnya pengetahuan sehingga sebagian dari mereka tidak menyadari jika terdapat aturan-aturan penting yang harus dipatuhi. Menurut tinjauan Maslahah tindakan para pelaku usaha yang sudah sadar hukum jika ditinjau dari segi kandungannya telah sesuai dengan Maslahah ‘Ammah, Sedangkan para pelaku usaha yang tidak sadar hukum jika ditinjau dari segi kandungannya termasuk dalam Maslahah Khassah. Dan dalam menjaga konsistensi ditinjau dari segi tingkat kepentingan termasuk Maslahah Daruriyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Soleh Hasan Wahid
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:47
Last Modified: 09 Jun 2023 07:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23978

Actions (login required)

View Item View Item