MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN DESA SENDANG,KECAMATAN JAMBON, KABUPATEN PONOROGO

Mustofa, Jainul (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN DESA SENDANG,KECAMATAN JAMBON, KABUPATEN PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
502210058_JAINUL MUSTOFA_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tuntutan dan anjuran untuk mempelajari Al-Qur'an, menggali maknanya, dan mengamalkan ajarannya dalam kehidupan masyarakat merupakan tuntunan yang tidak akan pernah habis, oleh karena itu, umat Islam dituntut untuk menunjukkan bimbingan dan ajaran Al-Qur'an mampu mengisi kekosongan nilai moral dan spiritual dalam diri manusia. Selain itu, ajaran Al-Qur'an juga mendorong umat manusia untuk terus memperbaiki akhlaknya. Umat Islam harus membuktikan bahwa ajaran Al-Qur'an bersifat rasional dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan modern secara positif.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Al-Qur’an, strategi manajemen pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan dan akhlak santri, serta implikasi manajemen pembelajaran Al-Qur’an terhadap hafalan dan akhlak santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda Sendang Jambon Ponorogo.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Temuan yang diperoleh dalam manajemen pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda Sendang adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda Sendang yaitu Perencanaan dimulai dengan rapat untuk mendata kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, kebutuhan perlengkapan pondok pesantren, ketersediaan tenaga pengajar, sarana dan prasarana untuk para ustadz-ustadzah serta kebutuhan santri-santriwati, juga menganalisa kebutuhan biaya opersional. Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an dipondok meliputi belajar membaca Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an, serta memahami kandungan Al-Quran dengan mengaji Kitab Tafsir Jalalain. Evaluasi pembelajarannya yaitu Diadakan penjadwalan kegiatan setoran, muraja’ah, sima’an, absensi kehadiran, diadakan takzir atau hukuman bagi santri yang melanggar, laporan berkalaPelaksanaan evaluasi masing masing santri. Strategi manajemen pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan dan akhlak santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda Sendang yaitu pondok pesantren menentukan waktu yang tepat dalam proses pembelajaran Al-Qur’an, menyempurnakan mekanisme dan metode yang diterapkan oleh ustadz yang mengampu program pembelajaran Al-Qur’an, serta mengaktifkan dan memperkuat peran ustadz pengampu program pembelajaran Al-Qur’an dalam membimbing dan memotivasi santri dalam pempelajari Al-Qur’an. Implikasi manajemen pembelajaran Al-Qur’an terhadap hafalan dan akhlak santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Huda Sendang yaitu santri lebih kuat hafalannya, sedangkan dampaknya tehadap akhlak santri yaitu menumbuhkan sikap disiplin, prestasi pelajaran sekolah meningkat, mandiri, dan berakhlakul karimah. Dengan adanya manajemen maka pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, terencana, terorganisir dan terukur.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:45
Last Modified: 09 Jun 2023 07:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23975

Actions (login required)

View Item View Item