..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BERMATERAI DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPOAD ULANG)..STRATEGI BERTAHAN HIDUP PARA PEREMPUAN PASCA PERCERAIAN DI DESA JAMBANGAN KECAMATAN PARON KABUPATEN NGAWI

KUSUMA, AHMAD ANGGA (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BERMATERAI DGN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPOAD ULANG)..STRATEGI BERTAHAN HIDUP PARA PEREMPUAN PASCA PERCERAIAN DI DESA JAMBANGAN KECAMATAN PARON KABUPATEN NGAWI. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

STRATEGI BERTAHAN HIDUP PARA PEREMPUAN PASCA PERCERAIAN DI DESA JAMBANGAN KECAMATAN PARON KABUPATEN NGAWI
ABSTRAK
Kata Kunci: Strategi Bertahan Hidup, Perempuan, Perceraian
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya para perempuan yang menggugat cerai suaminya di Desa Jambangan sehingga mereka menjadi orang tua tunggal. Perceraian yang mereka alami kebanyakan disebabkan karena faktor ekonomi, perselingkuhan, dan kekerasan dalam rumah tangga yang menjadikan keluarganya tidak harmonis. Pasca perceraian problema yang mereka hadapi bukan malah berkurang justru semakin bertambah, mulai dari peran ganda, hak asuh anak, penyesuaian seksualitas, pandangan negatif masyarakat dan yang utama masalah ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Walaupun mereka memiliki problematika namun mereka tetap berusaha menjalani kehidupan pasca perceraiannya dengan baik. Mereka mempunyai strategi bertahan hidup baik dalam menghadapi problema yang mereka hadapi maupun dalam meningkatkan perekonomiannya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teori yang digunakan sebagai alat analisis penelitian ini adalah teori tindakan sosial Max Weber.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika yang dihadapi para perempuan pasca perceraian di Desa Jambangan dan strategi bertahan hidup dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi sehari-hari.
Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah para perempuan pasca perceraian di Desa Jambangan mengalami berbagai problem setelah berpisah dengan mantan suaminya, diantaranya: peran ganda sebagai seorang ibu mengasuh anaknya dan ayah mencari nafkah untuk keluarga, penyesuaian seksualitas, pandangan negatif dari masyarakat. Dalam masalah ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, para perempuan pasca perceraian memiliki strategi bertahan hidup. Semua perempuan pasca perceraian di Desa Jambangan menggunakan strategi aktif yakni yang mengoptimalkan segala potensi yang mereka miliki. Misalnya mengikuti keterampilan menjahit, melakukan aktivitasnya sendiri, mencari pekerjaan sampingan, memperpanjang jam kerja, memanfaatkan sumber atau tanaman liar di lingkungan sekitarnya dan sebagainya. 3 perempuan menggunakan Strategi pasif yakni mengurangi pengeluaran keluarga. Misalnya, membatasi pengeluaran sehari-hari, membeli barang dengan harga murah. 3 perempuan menggunakan Strategi jaringan yaitu membuat hubungan dengan orang lain. Misalnya menjalin relasi, baik formal maupun informal dengan lingkungan sosial dan lingkungan kelembagaan. Misalnya meminjam uang kepada saudara atau tetangga, menghutang di warung, meminjam uang ke bank dan sebagainya. 4 dari 6 perempuan pasca perceraian mereka melakukan pertimbangan yang sadar dan pilihan bahwa tindakannya harus dinyatakan. Mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan, mengasuh anak dan bersosialisasi di masyarakat. Sedangkan, 2 perempuan pasca perecaian tidak melakukan pertimbangan yang sadar dan pilihan bahwa tindakannya harus dilakukan, mereka melakukan tindakan pasca perceraian mengalir begitu saja mengikuti perempuan pasca perceraian pada umumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:36
Last Modified: 09 Jun 2023 07:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23967

Actions (login required)

View Item View Item