..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Manajemen Program Takhasus dalam Meningkatkan Keterampilan Santri di Madrasah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo

Hudayani, Shally Fitria (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Manajemen Program Takhasus dalam Meningkatkan Keterampilan Santri di Madrasah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
502210071_Shally Fitria Hudayani_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program Takhasus di Madrasah Miftahul Huda Mayak merupakan program yang memiliki keunikan yaitu memiliki kegiatan utama yaitu pengajaran kitab-kitab kuning yang mu’tabaroh hasil ijtihad ulama’-ulama’ besar Islam untuk memperluas ilmu pengetahuan santri yang berhubungan dengan ilmu keagamaan yang sudah diatur oleh madrasah, dan memiliki program penunjang yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan keterampilan (skill) yang bersifat mingguan, bulanan, tahunan dan kondisional yang diatur secara sistematis oleh organisasi Ikatan Santri Takhasus (Iksant). Penulisan ini dilatar belakangi oleh anggapan bahwa tidak semua santri atau lulusan pesantren akan menjadi kyai atau ulama, namun terjun ke pekerjaan di bidang lain, maka keahlian-keahlian seperti pendidikan keahlian dan keterampilan yang merupakan bagian dari skill perlu diberikan kepada santri sebelum santri terjun ke masyarakat. Melalui program ini diharapkan lulusan atau output dari Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo khusunya Madrasah Miftahul Huda Mayak siap menghadapi segala perubahan dan perkembangan kehidupan di masyarakat yang semakin komplek, dan dapat hidup dengan keahlian dan keterampilan yang dimiliki.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan, mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan program Takhasus di Madrasah Miftahul Huda Mayak Ponorogo, dan mengetahui implikasi program Takhasus dalam meningkatkan keterampilan santri di Madrasah Miftahul Huda Mayak.
Metode penelitian yang digunakan adalah penulisan kualitatif dengan jenis penulisan studi kasus. Penulisan ini dilakukan dalam lokasi Madrasah Miftahul Huda Mayak Ponorogo. Adapun pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data Mattew B. Miles, A. Michael Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen program Takhasus di Madrasah Miftahul Huda Mayak melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, dan implikasi program kerja Takhasus dalam meningkatkan keterampilan santri adalah adanya peningkatan soft skill dan hard skill.

Kata kunci: Manajemen Program Takhasus; Keterampilan Santri

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:15
Last Modified: 09 Jun 2023 03:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23959

Actions (login required)

View Item View Item