..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Membangun Citra Madrasah Melalui Program Tahfiz di MTs Uyun Al-Hikam Ponorogo

Rahmawati, Rina (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Membangun Citra Madrasah Melalui Program Tahfiz di MTs Uyun Al-Hikam Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190110_Rina Rahmawati_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tahfiz al-Qur'an merupakan proses menghafal al-Qur'an dalam ingatan sehingga dapat dilafadzkan ucapkan di luar kepala secara benar dengan cara-cara tertentu secara terus menerus. Dalam program tahfiz tentunya terdapat cara dan strateginya dalam menyampaikan dan mengajarkan setiap hal yang berkaitan dengan tahfiz. Dalam hal ini peserta didik dituntut untuk menghafal ayat al-Qur'an sesuai dengan kemampuan setiap masing-masing individu. Program tahfidz inilah yang dapat memberikan manfaat dan pengetahuan tentang cara melafalkan, membaca ayat al-Qur‟an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah hukum bacaan al Qur'an, sehingga peserta didik mendapatkan nilai plus yang menjadikan pengetahuan lebih luas. Program
tahfiz merupakan program yang dapat digunakan untuk menarik masyarakat dan dapat digunakan dalam keberlangsungan proses belajar mengajar al-Qur‟an sehingga madrasah akan semakin unggul, menjadikan madrasah lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, dapat membangun citra madrasah yang positif yang berkesan di mata masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) perencanaan strategi kepala madrasah dalam membangun citra madrasah melalui program tahfidz di MTs Uyun Al-hikam Ponorogo;
(2) implementasi strategi kepala madrasah dalam membangun citra madrasah melalui program tahfidz di MTs Uyun Al-Hikam Ponorogo;(3) evaluasi strategi kepala madrasah dalam membangun citra madrasah melalui program tahfidz di MTs Uyun Al-Hikam Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif yang mana pada hakekatnya data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles, Huberman, dan Johnny Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1)Perencanaan strategi kepala
madrasah dalam membangun citra madrasah melalui program tahfiz di MTs Uyun Al-Hikam Ponorogo yaitu analisis kondisi lingkungan dilakukan dengan analisis SWOT, penetapan tujuan dan menentukan program yang sesuai, adanya pelibatan dari warga madrasah pada proses perencanaan, pemetaan minat siswa dan seleksi,melakukan sosialisasi untuk mempromosikan program melalui agenda istighosah,perencanaan program tahfiz ini dilakukan setiap tahun ada pembaruan, yaitu penambahan target dan evaluasi apa saja yang kurang dalam proses
pelaksanaan program ini. (2)Implementasi strategi kepala madrasah dalam membangun citra madrasah melalui program tahfiz di MTs Uyun Al-Hikam Ponorogo yaitu dengan menerapkan dan melaksanakan jadwal kegiatan program tahfiz yang sudah tersedia yakni dalam 1 minggu terdapat 2 kali pertemuan. Metode pembelajaran tahfiz yang dilakukan pertama tahsin(memperbaiki bacaan), kedua setor hafalan (sorogan) satu halaman dengan target hafal 10 juz
dalam 3 tahun, ketiga mengulang-ulang hafalan yang telah dihafal (muroja’aah). (3)Evaluasi strategi kepala madrasah dalam membangun citra madrasah melalui program tahfiz di MTs Uyun Al-Hikam Ponorogo yaitu dilakukan dengan cara melihat antusias dan minat siswa setiap tahunnya, melihat hafalan yang diperoleh siswa, dilakukan dengan ujian lisan hafalan,menjadikan program tahfiz sebagai program unggulan, dan mengirimkan delegasi peserta kelas
tahfiz di ajang lomba tahfiz. Hasil dari evaluasi ini terbukti dengan pencapaian madrasah yang mendapatkan nilai positif dan dukungan dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:34
Last Modified: 09 Jun 2023 07:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23957

Actions (login required)

View Item View Item