Kaderisasi Calon Da'i Pondok Pesantren Modern Arrisalah Slahung Ponorogo

Herdiani, Haifa Nadya (2023) Kaderisasi Calon Da'i Pondok Pesantren Modern Arrisalah Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
etheses skripsi FIKSS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kaderisasi calon da’i merupakan hal penting bagi organisasi dakwah, karena kaderisasi merupakan proses perbuatan mendidik seseorang menjadi kader. Kader adalah orang yang di didik untuk menjadi tongkat estafet suatu organisasi. Dalam kaderisasi ada 4 tahapan yaitu perkenalan, pembentukan, penataan, dan eksekusi. Dalam pelaksanaannya kaderisasi dibagi menjadi 2 macam yaitu kaderisasi formal dan informal.
Untuk menganalisis bagaimana kaderisasi Pondok Modern Arrisalah Slahung Ponorogo terhadap calon da’i,peneliti mengajukan pada tiga poin rumusan masalah, yaitu (1). Bagaimana tahapan pengkaderan calon da’i? (2). Apa saja materi yang diberikan kepada calon da’i? (3). Bagimana hasil kaderisasi calon da’i di Pondok Pesantren Modern Arrisalah Slahung Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Pondok Pesantren Modern Arrisalah Slahung Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data selanjutnya direduksi, disajikan, dianalisis, dan kemudian ditarik kesimpulan.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, peneliti menemukan tiga kesimpulan berikut yaitu: (1). Tahapan kaderisasi calon da’i Pondok Modern Arrisalah melitputi a) Tahapan perkenalan dengan mengadakan agenda tausiyah secara rutin b) Tahapan pembentukan dengan membiasakan calon da’i disiplin dan tanggung jawab bagi calon da’i d) Tahapan penataan dengan menempatkan calon da’i di bagian yang sesuai dengan keahliannya masing-masing e) Tahapan eksekusi dengan menempatkan para santri untuk mengabdi di dalam atau di luar pondok. (2). Materi yang diberikan kepada calon da’i di Pondok Pesantren Modern Arrisalah meliputi materi dalam bidang akhlak, materi dalam bidang pengetahuan, dan materi dalam segi skill. (3). Hasil kaderisasi calon da’i Pondok Pesantren Modern Arrisalah Slahung Ponorogo menunjukkan bahwa calon da’i dapat terjun ke masyarakat dengan ciri khas memiliki adab dan budi perkerti yang sesuai dengan syari’at islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Faiq Ainurrofiq, M.A
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:13
Last Modified: 09 Jun 2023 03:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23953

Actions (login required)

View Item View Item