Implementasi Metode At-Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di TPQ Sahkila Desa Sobrah Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun

Nazhifah, Ghina Rizqi (2023) Implementasi Metode At-Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di TPQ Sahkila Desa Sobrah Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190373_GHINA RIZQI NAZHIFAH_PAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nazhifah, Ghina Rizqi. 2023. Implementasi Metode At-Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an di TPQ Sahkila Desa Sobrah Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Wahid Hariyanto, M.Pd.I.
Kata kunci: Implementasi, Metode At-Tartil, Kemampuan Membaca al-Qur’an
Problematika yang masih sering terjadi yaitu banyaknya anak yang belum bisa menerapkan Makhārij al-ḥurūf dan ilmu tajwid dengan baik dan benar. Dikarenakan membaca dan mempelajari al-Qur’an membutuhkan kesungguhan, baik dalam hal waktu serta metode yang didukung sarana dan prasarana yang baik. Salah satu metode yang praktis dan juga membantu anak dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an yaitu metode At-Tartil. Sebagaimana metode At-Tartil ini diterapkan di TPQ Sahkila.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis latar belakang pembelajaran al-Qur’an dengan metode At-Tartil di TPQ Sahkila Desa Sobrah Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun; (2) Mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana proses strategi pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an dengan metode At-Tartil di TPQ Sahkila Desa Sobrah Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun; dan (3) Mendeskripsikan dan mengidentifikasi implikasi pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an dengan metode At-Tartil dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di TPQ Sahkila Desa Sobrah Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif dengan hasil data deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh dari hasil penelitian tersebut kemudian dianalisis menggunakan konsep dari Miles, Huberman dan Saldana yang di dalamnya meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil dari penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Latar belakang dari pelaksanaan pembelajaran dengan metode At-Tartil di TPQ Sahkila didasari oleh masih banyaknya santri yang membaca al-Qur’an tanpa memperhatikan makhārij al-ḥurūf dan ilmu tajwid yang baik dan benar. Selain itu, juga didasari dari ketidakcocokan metode lama dalam penerapannya di TPQ Sahkila. Sampai pada akhirnya TPQ Sahkila mulai mengenal metode At-Tartil dan menjadikannya metode yang mampu membantu santri belajar dengan cepat dan praktis mengenai makhārij al-ḥurūf, ṣifatu al-ḥuruf, membaca dengan tartil berdasarkan kaidah tajwid dan ’ulumūl garīb. (2) Proses dan strategi pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an dengan menggunakan metode At-Tartil sesuai dengan komponen strategi pembelajaran menurut Dick and Carey yang meliputi: kegiatan pembukaan, penyampaian informasi (materi), partisipasi peserta didik, tes (evaluasi), dan kegiatan lanjutan. Komponen-komponen tersebut saling berkaitan dan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran; (3) Metode At-Tartil memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan kemampuan membaca santri di TPQ Sahkila. Dimana santri yang dahulunya belum bisa membaca dengan lancar (tartil), membaca dengan tidak memperhatikan makhārij al-ḥurūf, dan membaca dengan tidak menerapkan kaidah ilmu tajwid. Sekarang sudah mampu membaca dengan lancar, santri lebih berhati-hati dalam melafadzkan bacaan sesuai dengan makhārij al-ḥurūf, serta santri lebih mampu menerapkan ilmu tajwid dalam bacaannya. Pembelajaran al-Qur’an dengan menggunakan metode At-Tartil dinilai lebih efektif dalam membantu meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri dibandingkan dengan metode yang dipakai sebelumnya di TPQ Sahkila.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:12
Last Modified: 09 Jun 2023 03:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23952

Actions (login required)

View Item View Item