Digitalisasi Kearsipan dalam Menunjang Pelayanan Informasi pada Unit Tata Usaha SMP Negeri 2 Jetis

Arianti, Happy Dwi (2023) Digitalisasi Kearsipan dalam Menunjang Pelayanan Informasi pada Unit Tata Usaha SMP Negeri 2 Jetis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190089_HAPPY DWI ARIANTI_MPI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Arianti, Happy Dwi. 2023. Digitalisasi Kearsipan dalam Menunjang Pelayanan Informasi Pada Unit Tata Usaha SMP Negeri 2 Jetis. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Afni Ma’rufah, M.Pd.

Kata Kunci: Digitalisasi Kearsipan, Pelayanan Informasi, SMP Negeri 2 Jetis.
Pengelolaan pendidikan saat ini banyak mengadopsi sistem digitalisasi yang dianggap lebih efektif daripada sistem konvensional. Penggunaan sistem digitalisasi ini memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh sistem konvensional. Penggunaan sistem digitalisasi ini juga diterapkan dalam pengelolaan kearsipan pada SMP Negeri 2 Jetis ini. Digitalisasi Kearsipan merupakan alih media pengarsipan dari media kertas ke media digital yang menciptakan output berupa dokumen-dokumen digital.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) upaya digitalisasi kearsipan dalam menunjang pelayanan informasi pada unit tata usaha, (2) faktor pendukung dan penghambat penerapan digitalisasi kearsipan pada unit tata usaha, (3) dampak penerapan digitalisasi kearsipan dalam menunjang pelayanan informasi pada unit tata usaha.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data dilakukan dengan pendekatan berdasarkan lamanya waktu penelitian, triangulasi sumber dan metode.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) upaya digitalisasi kearsipan dalam menunjang pelayanan informasi pada unit tata usaha SMP Negeri 2 Jetis terdiri dari beberapa fase yaitu a) penciptaan dan penyimpanan arsip digital, b) distribusi dan penggunaan arsip digital, c) pemeliharaan arsip digital, serta d) disposisi arsip digital. (2) faktor pendukung dan penghambat digitalisasi kearsipan dalam menunjang pelayanan informasi. Faktor pendukung dapat digolongkan dalam beberapa unsur yaitu a) man (manusia), yang berupa kemampuan para staf yang memadai serta kinerja yang mumpuni, b) machine (sarana dan prasarana), yaitu ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai seperti computer, scanner, printer dan lain sebagainya, c) minutes (waktu), kurun waktu kerja staf tata usaha yang sudah mencukupi, d) method (metode), yakni sistem kerja bagi tugas yang diadopsi oleh unit tata usaha yaitu staf tata usaha, staf pembantu bagian persuratan serta staf pembantu bagian keuangan, e) money (biaya/anggaran), yakni adanya anggaran yang cukup untuk mendukung proses digitalisasi kerasipan yang dilaksanakan. Sedangkan faktor penghambat digolongkan dalam 2 unsur yaitu a) man (manusia), yang berupa keterbatasan kemampuan dalam bidang IT, kurangnya jumlah staf tata usaha, serta adanya faktor kelalaian, b) machine (sarana dan prasarana), yakni masih adanya penggunaan perangkat pribadi oleh salah satu staf . (3) dampak digitalisasi kearsipan dalam menunjang pelayanan informasi dapat dilihat dari a) kecepatan dan kemudahan dalam pemberian pelayanan, b) pelayanan dilakukan secara sopan, santun, ramah dan ikhlas, c) tidak pandang bulu terhadap konsumen, d) jujur dalam pemberian pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afni Ma'rufah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:11
Last Modified: 09 Jun 2023 03:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23949

Actions (login required)

View Item View Item