..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN PROGRAM ENTREPRENEURSHIP DALAM PENGEMBANGAN JIWA KEMANDIRIAN SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo)

Munawwaroh, Aaminatul (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN PROGRAM ENTREPRENEURSHIP DALAM PENGEMBANGAN JIWA KEMANDIRIAN SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Tesis_Aaminatul munawwaroh_Dr. Mukhibat, M.Ag&Dr. Syafiq Humaisi, M.Pd.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pendidikan entrepreneurship dalam pengembangan jiwa kemandirian santri yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan dunia kerja yang menyebabkan kekhawatiran para pengasuh pondok pesantren terhadap pendidikan santri yang hanya terfokus pada pendidikan agama saja tanpa diimbangi dengan integrasi pengetahuan umum, teknologi, dan pelatihan skill yang mana banyak pengangguran yang tidak terserap oleh lapangan kerja karena kurangnya skill dan kompetensi. Perhatian yang serius terkait pendidikan entrepreneurship di Pondok Pesantren Darul Huda salah satunya yaitu pendidikan entrepreneurship melalui pengelolaan unit usaha yang melibatkan para santri untuk berpikir kreatif dan inovatif mengembangkan kemandiriannya didukung dengan pelatihan dan pembinaan bersama pihak yang kompeten di bidangnya.
Peneliti menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan studi kasus tunggal yaitu tempat atau lokasi penelitian hanya satu. Metode yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data penelitian yaitu metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis datanya menguunakan model Matthew B. Milles, A. Michael Huberman, dan Saldana berupa pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negative, dan membercheck.
Hasil penelitian mengenai manajemen pendidikan entrepreneurship dalam pengembangan jiwa kemandirian santri ditemukan kesesuaian fungsi dalam teori manajemen yakni meliputi: (1) Perencanaan pendidikan entrepreneurship di Pondok Pesantren Darul Huda yaitu melalui penetapan unit usaha, penentuan kebijakan dan sistem, serta pengembangan jiwa kemandirian santri melalui pengelolaan unit usaha. (2) Pelaksanaan: pengembangan jiwa kemandirian santri dari pendidikan entrepreneurship terdiri dari hard skill dan soft skill. Hard skill berupa bimbingan, pelatihan, dan pembinaan dari para asatidz dan pihak yang kompeten di bidangnya secara praktek langsung di lapangan dalam pengelolaan unit usaha. Sedangkan soft skill berupa keorganisasian santri, kemandirian, serta sosial kemasyarakatannya. (3) Evaluasi yang diadakan berupa pelaporan pertanggungjawaban kepada pihak keuangan pusat dan kepala bagian kepesantrenan untuk mengetahui hasil kegiatan, menilai dan mengoreksi segala program. Pendidikan entrepreneurship yang sudah diajarkan di Pondok Pesantren Darul Huda harapannya bisa menjadikan bekal para santri dalam mengembangkan potensi skill entrepreneur yang sudah diajarkan ketika sudah lulus dari pesantren, sehingga menjadikan santri mandiri yang mempunyai jiwa entrepreneur.
Kata Kunci: Manajemen Program Entrepreneurship, Jiwa Kemandirian Santri

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mukhibat dan Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:30
Last Modified: 09 Jun 2023 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23937

Actions (login required)

View Item View Item