..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, NILAI-NILAI ORGANISASI, DAN FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP CONTINUOUS IMPROVEMENT DI BANKZISKA

Wijaya, Buana Handa (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, NILAI-NILAI ORGANISASI, DAN FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP CONTINUOUS IMPROVEMENT DI BANKZISKA. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
BUANA HANDA WIJAYA EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konsep continuous improvement mengacu pada proses investasi mesin, atau otomatisasi dengan teknologi dalam meningkatkan efisiensi kerja. Penelitian Kieran Nawaz Mohammed menunjukkan bahwa continuous improvement dapat diterapkan dalam organisasi nirlaba. Lazismu merupakan salah satu contoh organisasi nirlaba di Indonesia yang bergerak di bidang pengelolaan ziswaf. Lazismu membentuk program pemberdayaan ekonomi masyarakat inovatif bernama bankziska. Pada tahun 2021, Manajer bankziska Ponorogo menginisiasi sistem baru yaitu aplikasi berbasis web yang nantinya akan digunakan dalam mengatasi kendala pengelolaan keuangan bankziska sebagai upaya continuous improvement.Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa kepemimpinan, budaya organisasi, dan penggunaan teknologi (eksogen) memiliki peran kunci dalam menentukan keberhasilan continuous improvement. Peneliti menemukan gap penelitian pada penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa terdapat ketidaksamaan hasil pada hubungan variabel eksogen terhadap variabel endogen. Peneliti berusaha menguji dan menganalisis kembali variabel-variabel tersebut, untuk mengetahui hubungan, arah hubungan, dan tingkat hubungan yang terjadi anatara variabel eksogen terhadap continuous improvement.
Kepemimpinan transformasional, nilai-nilai organisasi, dan financial technology (variabel eksogen) dalam mempengaruhi continuous improvement (variabel endogen). Tujuan penelitian adalah untuk menguji kembali hipotesis tersebut terkait hubungan kepemimpinan transformasional, nilai-nilai organisasi, dan financial technology sebagai variabel eksogen terhadap variabel endogen, yaitu continuous improvement melalui kajian ilmiah di bankziska Ponorogo dan Magetan dengan menganalisis hubungan parsial dan simultan variabel-variabel tersebut menggunakan metode non-parametrik test ( uji Spearman dan uji Friedman ). Pada penelitian ini peneliti menggunakan 40 responden, dan melakukan pengambilan data melalui kuisioner.
Berdasarkan hasil pengujian, diketahui bahwa Kepemimpinan Transformasional memiliki hubungan yang signifikan terhadap continuous improvement SIG (2-TAILED) <0,05 dan nilai Z hitung> Ztabel, memiliki arah hubungan yang positif, dengan tingkat hubungan yang sangat kuat sebesar 89,6%. Nilai Organisasi memiliki hubungan yang signifikan terhadap continuous improvement SIG (2-TAILED) <0,05 dan nilai Zhitung>Ztabel, memiliki arah hubungan positif, dengan tingkat hubungan yang kuat sebesar 64,2%. Financial Technology memiliki hubungan yang signifikan terhadap continuous improvement SIG (2-TAILED) <0,05 dan nilai Zhitung>Ztabel, memiliki arah hubungan positif, dengan tingkat hubungan yang sangat tinggi 84,7%. Kepemimpinan transformasional, nilai-nilai organisasi, dan financial technology memiliki hubungan yang kuat terhadap continuous improvement di Bankziska (Asymp.Sig.<0.05) dengan nilai Chi Square hitung>Chi Square tabel. Jika diurutkan, pada kondisi simultan , financial technology memiliki pengaruh tertinggi terhadap continuous improvement dengan nilai 3,98.

Kata kunci: continuous improvement, financial technology, hubungan, kepemimpinan transformasional, nilai-nilai organisasi

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh, Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:54
Last Modified: 09 Jun 2023 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23932

Actions (login required)

View Item View Item