..(UPLOAD FILE TESIS, BUKAN JURNAL)..MANAJEMEN PENDIDIKAN BERPOLA PESANTREN DALAM MEMBENTUK MUTU KEPRIBADIAN MUSLIM PESERTA DIDIK DI SMP MA’ARIF 1 PONOROGO

Komariyah, Siti (2023) ..(UPLOAD FILE TESIS, BUKAN JURNAL)..MANAJEMEN PENDIDIKAN BERPOLA PESANTREN DALAM MEMBENTUK MUTU KEPRIBADIAN MUSLIM PESERTA DIDIK DI SMP MA’ARIF 1 PONOROGO. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Siti Komariyah_502210072_MPI Madin.pdf

Download (728kB)

Abstract

The increasing Iprevalence of juvenile delinquency in the current era, education management is needed that can fortify students through Islamic boarding school-patterned education that can lead students to have Muslim personalities, and be able to apply them in everyday life.
The purpose of this study was to determine (1) planning, (2) implementation, (3)evaluation, (4) educational implication of the pesantren pattern in shaping the personality Qualities of Muslim students at SMP Ma’arif 1 Ponorogo.This study used a qualitative approach, the location of this research was at SMP Ma’arif 1 Ponorogo, data collection was carried out using semi-structured interview observations and documentation.The findings obtained in this study are that the planning looks immature and the program has not been well documented, the implementation has been going well with the support of teachers who have superior knowledge in the field of pesantren-patterned education programs, the evaluation cannot be carried out because the standard of implementation is still generally not specific, the implications have been well, in terms of the accumulative methodical factor, there is no equity in the educational implications of the pesantren pattern at SMP Ma’arif 1 Ponorogo.
Abstrak

Semakin maraknya kenakalan remaja di era saat ini, diperlukan manajemen pendidikan yang dapat membentengi peserta didik melalui pendidikan berpola pesantren yang dapat mengantarkan peserta didik memiliki kepribadian muslim, dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, (4) implikasi pendidikan berpola pesantren dalam membentuk mutu kepribadian muslim peserta didik di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian ini di SMP Ma’arif 1 Ponorogo, pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu perencanaan terlihat belum matang dan program belum terdokumentasi dengan baik, pelaksanaan sudah berjalan baik dengan dukungan guru yang memiliki keilmuan unggul pada bidang program pendidikan berpola pesantren, evaluasi tidak bisa dilaksanakan karena standart pelaksanaannya masih umum tidak spesifik, implikasi sudah baik, Secara faktor metodis akumulatif implikasi pendidikan berpola pesantren di SMP Ma’arif I Ponorogo tidak ada pemerataan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:53
Last Modified: 09 Jun 2023 01:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23931

Actions (login required)

View Item View Item