Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pasir Dengan Sistem Pesanan Di Cv.Bangun Karya Samudra Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo

Andita, Okta Meva Rini (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pasir Dengan Sistem Pesanan Di Cv.Bangun Karya Samudra Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
210216085_OKTA MEVA RINI ANDITA_HUKUM EKONOMI SYARIAH_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rini Andita, Okta Meva, 2023, tinjauan hukum islam terhadap jual beli pasir dengan system pesanan di CV. Bangun Karya Samudra kecamatan bungkal, kabupaten ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M.S.I.
Kata kunci/keywod: Hukum Islam, Sistem Pesanan , Harga
Dalam kasus yang diteliti jual beli pasir dengan sistem pesanan menggunakan akad salam yakni pembayarannya di lakukan di awal pada saat pemesanan barang dan barang diserahkan sesuai perjanjian antara penjual dan pembeli. Namun dalam praktinya jual beli pasir dengan system pesanan yang dilakukan CV. Bangun Karya Samudra mengalami penundaan pengiriman pasir tidak sesuai perjanjian di awal. Serta juga meminta tambahan uang kepada pembeli dan itu semua tidak ada dalam perjanjian.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimana tinjauan hukum islam terhadap keterlambatan pengiriman pada jual beli pasir dengan system pesanan di CV. Bangun Karya Samudra Bungkal, Ponorogo ? dan bagaimana tinjauan hukum islam terhadap pembebanan kenaikan harga kepada pembeli pada jual beli dengan system pesanan di CV. Bangun Karya Samudra Bungkal Ponorogo?
Adapun penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data dengan menggunakan obsevasi, wawacara dan dokumentasi. Dan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Teknik induktif. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan Teknik triangulasi sumber dan triangulasi Teknik.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama Keterlambatan pengiriman pasir yang dilakukan CV. Bangun Karya Samudra tidak sesuai dengan hukum islam, pihak penjual melakukan wanprestasi dan tidak ada penyelesaian atau itikad baik dalam bentuk keadilan terhadap pembeli atau pemesan pasir. Kedua, pembebanan kenaikan harga kepada pembeli pasir yang dilakukan oleh CV. Bangun Karya Samudra tidak sesuai dengan konsep keadilan dalam islam dan tidak sesuai dengan ketentuan salam menurut fatwa DSN dikarenakan pembebanan kenaikan harga yang dilakukan kedua belah pihak tidak sesuai dengan perjanjian kontrak jual beli yang mereka lakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:52
Last Modified: 09 Jun 2023 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23930

Actions (login required)

View Item View Item