Efektivitas Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Berbasis Scientific Literacy Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik SMP N 4 Ponorogo

Mustakim, Altytania (2023) Efektivitas Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Berbasis Scientific Literacy Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik SMP N 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
207190090_Altytania Orchita Putri Mustakim_Tadris IPA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Mustakim, Altytania Orchita Putri. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Team Asisted Individualization (TAI) Berbasis Scientific Literacy Terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP N 4 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Faninda Novika Pertiwi, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Model Pembelajaran Team Assisted Individuaization (TAI), Scientific Literacay.

Kemampuan Komunikasi merupakan salah satu pengembangan keterampilan di abad 21 ini. Kemampuan Komunikasi peserta didik di salah satu kelas VIII di SMP Negeri 4 Ponorogo didapati belum memenuhi indikator kemampuan komunikasi. Hal tersebut bisa berasal dari berbagai faktor seperti salah satunya belum tepatnya model pembelajaran yang digunakan. Salah satu solusi terhadap kemampuan komunikasi adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan keaktifan peserta didik. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Scientific Literacy.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) keterlaksanaan pembelajaran model TAI (Team Asisted Individualization) berbasis Scientific Literacy di SMP N 4 Ponorogo. (2) aktivitas peserta didik yang mengalami model pembelajaran TAI (Team Asisted Individualization) berbasis Scientific Literacy di SMP N 4 Ponorogo. (3) efektivitas model pembelajaran TAI (Team Asisted Individualization) berbasis Scientific Literacy terhadap kemampuan komunikasi peserta didik kelas VIII di SMP N 4 Ponorogo.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan menggunakan desain Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMPN 4 Ponorogo. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII D sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan soal tes kemampuan komunikasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji N-Gain, dilanjut dengan Uji t two-tailed dan Uji t one-tailed.
Berdasarkan hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran dengan model Team Assisted Individualization memperoleh nilai rata-rata 97%. Aktivitas peserta didik memperoleh nilai rata-rata 93% kegiatan pembelajaran sudah berpusat pada peserta didik dan mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Hasil dari uji N-gain nilai tertinggi kemampuan komunikasi terdapat pada indikator menyajikan data 0,77. Selanjutnya hasil dari uji t two tailed 0,000 atau kurang dari nilai sig 0,05 yang berarti terdapat perbedaan kelas kontrol dengan kelas eksperimen, dilanjutkan dengan uji t one tailed dengan hasil 0,000 atau kurang dari nilai sig 0,05 yang berarti model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis Scientific Literacy lebih efektif terhadap kemampuan komunikasi peserta didik dibandingkan dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:29
Last Modified: 09 Jun 2023 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23929

Actions (login required)

View Item View Item