Budaya Konsumsi Santri Terhadap Belanja Online Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo)

Agustin, Alvina (2023) Budaya Konsumsi Santri Terhadap Belanja Online Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
102190090- Alvina Agustin- Hukum Ekonomi Syarih.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Agustin, Alvina, 2023. Budaya Konsumsi Santri Terhadap Belanja Online Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Sayariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata Kunci/Keyword: Budaya Konsumsi, Online, Ekonomi Islam
Dalam kasus yang diteliti konsumsi yang dijadikan sebagai acuan terpengaruhnya beberapa santri pondok Darussalam untuk melakukan konsumsi, Adanya perilaku konsumsi dalam Islam didasarkan atas rasionalitas berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunah. Perilaku konsumsi yang dilakukan 8 santri tersebut menunjukkan bahwa adanya sifat pemborosan yang akan berdampak tidak baik bagi santri lainnya karena bisa mempengaruhi hawa nafsu maka perihal tersebut perlu ditelaah dan sering ditegaskan lagi tentang peraturan pembatasan belanja Online shopee sehingga nanti dapat mengurangi pengaruh tidak baik bagi santri-santri lainnya.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) bagaimana perspektif ekonomi Islam terhadap perilaku konsumsi santri dalam belanja Online Shopee di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo? 2) bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi budaya konsumsi santri dalam belanja Online Shopee di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo?
Adapun penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekaan kualitatif. Adanya teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis induktif. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa. Ada beberapa santri yang termasuk sering melakukan transaksi belanja Online shopee tepatnya dari 105 yang terdiri dari 30 santri putra dan 75 santri putri, ada 8 santri yaitu santri putri yang termasuk senang berbelanja, dan 97 santri lainnya hanya pernah sekali dua kali saja, maka 8 santri tersebut dapat mempengaruhi rasa ingin berbelanja santri lainnya karena hobi mereka untuk mengoleksi barang-barang yang umumnya membeli lipstik yang sama warnanya tetapi tidak cukup satu bahkan terkadang mempunyai 3 lipstik yang sama warna, sifat tersebut menunjukkan bahwa berlebihan dalam menggunakan suatu barang atau mubadzir, (boros) karena dari 2 atau 3 lipstik yang sama tersebut yang sering digunakan hanya satu lipstik saja yang lainnya jarang bahkan tidak pernah dipakai lagi melainkan hanya mencoba 1 atau 2 kali saja. Perilaku tersebut tidak dibenarkan dalam ekonomi Islam karena tidak termasuk dalam peraturan atau batasan-batasan konsumsi, yang menyebutkan bahwa (menjauhkan konsumsi yang berlebih-lebihan untuk semua jenis konoditi), jadi dari seratus lebih santri tersebut yang termasuk sering berbelanja ada 8 santri sisanya hanya pernah saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh.Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:51
Last Modified: 09 Jun 2023 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23928

Actions (login required)

View Item View Item