Tujuan Pernikahan Dalam Al-Quran Dan Relevansinya Dengan Fenomena Childfree (Perspektif Tafsir Maqasidi)

Fikriya, Kinanthi Nur (2023) Tujuan Pernikahan Dalam Al-Quran Dan Relevansinya Dengan Fenomena Childfree (Perspektif Tafsir Maqasidi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Kinanthi Nur Fikriya .pdf

Download (1MB)

Abstract

Pernikahan merupakan sebuah ibadah yang mengikat hubungan antara laki-laki dan perempuan untuk menjadikan mereka sebuah keluarga. Salah satu tujuan pernikahan adalah hadirnya anak yang merupakan amanah dan karunia besar dari Allah yang keberadaanya harus disyukuri oleh setiap pasangan suami istri. Namun ada beberapa pasangan yang memutuskan untuk tidak ingin memiliki anak. Pandangan ini dikenal dengan istilah childfree, di mana mereka tidak ingin memilki anak karena memandang bahwa keturunan bukanlah hal yang penting dalam sebuah pernikahan. Oleh karenanya, pandangan al-Quran tentang tujuan pernikahan perlu diadakan dan dikembangkan untuk menjawab fenomena childfree yang berkembang saat ini. Penelitian ini akan menjawab mengenai bagaimana konsep saki>nah, mawaddah, dan rah}mah dalam tujuan pernikahan serta relevansinya dengan fenomena childfree.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan menggunakan perspektif tafsir maqāṣidī untuk mengungkap dimensi makna terdalam dari konsep tujuan pernikahan dalam Al-Quran. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Q.S. ar-Ru>m [30]: 21, Q.S. al-A’ra>f [7]: 189, Q.S. an-Nisa>’ [4]: 1, Q.S. an-Nah}l [16]: 72, Q.S. an-Nu>r [24]: 32 dan Q.S. al-Furqa>n [25]: 74, serta kitab-kitab tafsir, jurnal, dan artikel yang terkait dengan tema.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa tujuan pernikahan dalam al-Quran meliputi, 1) Saki>nah merupakan konsep keluarga yang membawa ketenangan, ketentraman, kedamaian jiwa. 2) Mawaddah adalah perasaan cinta, ingin bersama, yang diekspresikan melalui sikap dan perilaku dengan pasangan yang menentramkan jiwanya. 3) Rah}mah adalah di mana hubungan antar sesama anggota keluarga tersebut saling menyayangi, mencintai sehingga kehidupan keluarga tersebut diliputi oleh rasa kasih sayang. 4) Berkaitan dengan fenomena childfree, childfree merupakan pilihan dari pasangan suami istri untuk tidak memiliki anak. Sedangkan salah satu tujuan pernikahan dalam al-Quran adalah memiliki keturunan. Maka, pilihan childfree dilarang dalam pernikahan demi terjaganya maqasid shari’ah berupa hifz} ad-din, hifz} al-nafs, hifz} al-nasl, dan hifz} al-ma>l.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:49
Last Modified: 09 Jun 2023 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23924

Actions (login required)

View Item View Item