PENCAK SILAT BUNGA ISLAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH BAGI PEMUDA DI DESA PONDOK KECAMATAN BABADAN KABUPATEN PONOROGO

Badriyah, Rina Lailatul Badriyah (2023) PENCAK SILAT BUNGA ISLAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH BAGI PEMUDA DI DESA PONDOK KECAMATAN BABADAN KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI UTUH (RINA LAILATUL).pdf

Download (3MB)

Abstract

Badriyah, Lailatul, Rina. NIM 302190111, 2023. Pencak Silat Bunga Islam Sebagai Media Dakwah Bagi Pemuda Di Desa Pondok Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuludin Adab Dan Dakwah Institute Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Faiq Ainurrofiq, M. A.

Kata Kunci: Bunga Islam, Media, Dakwah
Pengaruh negatif dari luar lingkungan sekitar bisa membuat kemerosotan moral setiap orang, Oleh karena itu pembinaan moral menjadi hal yang sangat penting. Setiap langkah dalam pembinaan moral tergantung kegiatan di lingkungan tersebut. Salah satu bentuk pembinaan moral bisa dilakukan dengan dakwah melalui pencak silat.
Berdasarkan pada keunikan tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan berikut: 1) Bagaimana bentuk-bentuk dakwah yang terdapat pada pencak silat bunga islam di desa pondok kecamatan babadan kabupaten ponorogo? 2) Bagaiaman fungsi dakwah dalam pencak silat bunga islam di desa pondok kecamatan babadan kabupaten ponorogo? 3). Bagaiaman dampak perubahan perilaku pemuda sesudah mengikuti pencak silat bunga islam di desa pondok kecamatan babadan kabupaten ponorogo. Dalam skripsi ini penulis menggunakan jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1). Bentuk dakwah dalam pencaksilat Bunga Islam adalah ikrar dan wejangan. Ikrar pada pencak silat Bunga Islam yaitu berupa ucapan janji siswa untuk berkomitmen dan konsisten dalam menerapkan semua butir-butir dari tiap janji yang sudah diucapkan. Sedangkan dakwah dalam bentuk wejangan pada pencak silat Bunga Islam penerapannya dengan pemberian nasihat atau petuah. 2. Fungsi dakwah dalam pencak silat Bunga Islam di desa pondok Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo adalah menanamkan pengertian amar ma’ruf nahi munkar, membangkitkan kesadaran siswa pentingnya melaksanakan amalan amar ma’ruf nahi munkar, mengaktualisasikan ajaran amalan amar ma’ruh nahi munkar dalam tingkah laku sehari hari, dan melestarikan amalan dengan baik dalam kehidupan. 3) Dampak perubahan perilaku pemuda setelah mengikuti pencak Silat Bunga Islam memberikan efek positif ke arah yang lebih baik. Hal ini terlihat para pemuda lebih mudah untuk mengontrol emosi dan membendung kemauan yang tidak baik dalam diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faiq Ainurrofiq
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:49
Last Modified: 09 Jun 2023 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23922

Actions (login required)

View Item View Item