..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Kesadaran Hukum Nazir Terhadap Peruntukan Wakaf Tanah ( Studi Kasus di Dusun Wonorejo Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi)

Puspita, Siska Amelia (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Kesadaran Hukum Nazir Terhadap Peruntukan Wakaf Tanah ( Studi Kasus di Dusun Wonorejo Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
503210049_SISKA AMELIA PUSPITA_S2 HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

KESADARAN HUKUM NAZIR
TERHADAP PERUNTUKAN WAKAF TANAH ( Studi Kasus di Dusun Wonorejo Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi)

ABSTRAK

Dalam hal ini bahwa belum mampunya nazir dalam mengelola wakaf sesuai dengan peruntukkannya karena pasti memiliki faktor yang saling berkaitan baik internal maupun eksternal. Sejatinya nazir mempunyai tugas dan fungsi dalam menerapkan peruntukan tanah wakaf. Nazir harus memiliki komitmen untuk mengemban amanah dari wakif dalam mengelola wakaf kedepannya agar memberikan kemaslahatan untuk umum. Dalam hal ini peruntukan pengelolaan wakaf secara tradisional dicirikan dengan penempatan wakaf sebagai ibadah mahdhoh atau ibadah ritual. Permasalahan pengelolaan wakaf khususnya di Indonesia yaitu masih belum tertata dengan baik karena dimana masih hanya sebatas potensi wakaf serta belum sepenuhnya menunjukkan kemanfaaatan dari wakaf tersebuti.Karena pada dasarnyabahwa wakaf yang seharusnya dilindungi demi kesejahteraan umum sesuai dengan tujuan, fungsi, dan peruntukan wakafi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengetahuan hukum nazir terhadap peruntukan wakaf tanah, menganalisis bagaimana pemahaman hukum nazir terhadap peruntukkan tanah wakaf dan menganalisis bagaimana implikasi kesadaran hukum nazir terhadap peruntukkan tanah wakaf. Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Wonorejo Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian sosiologi hukum dengan pendekatan penelitian lapangan berdasarkan analisis data yang diperoleh dari pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Pengetahuan hukum nazir terhadap peruntukan tanah wakaf yang berkaitan dengan pengetahuan tentang wakaf, administratif (akta ikrar wakaf dan sertifkat tanah wakaf) dan kelembagaan nazir masih rendah kompetensi dalam pengelolaan wakaf, Pemahaman hukum nazir terkait peruntukan wakaf bahwa nazir belum mampu dalam mengelola wakaf sesuai dengan peruntukkanya. Namun disisi lain, pihak nazir tidak menghilangkan tujuan utama dari peruntukkan wakaf menjadi bentuk kegiatan lain hanya karena untuk memberikan akses kepada masyarakat untuk menggunakan dalam kegiatan masyarakat sepanjang peruntukkan utama belum mampu untuk merealisasikannya dan Implikasi kesadaran hukum nazir terhadap kemanfaatan wakaf tanah bahwa belum maksimalnya nazir dalam menjalankan tugasnya karena dilatarbelakangi faktor yang saling berhubungan satu sama lain. Faktor tersebut berdampak pada belum optimalnya nazir karena belum berperan secara maksimal dalam pelaksanaan tugas.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: 1.Miftahul Huda 2.Rohmah Maulidia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:46
Last Modified: 09 Jun 2023 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23912

Actions (login required)

View Item View Item