Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X MA Miftahul Ulun Kradinan Madiun T.A 2022/2023

Ulfiaturrohmah, Nila (2023) Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X MA Miftahul Ulun Kradinan Madiun T.A 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190431_NILA ULFIATURROHMAH_ETHESIS.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Ulfiaturrohmah, Nila. 2023. Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X MA Miftahul Ulum Kradinan Madiun T.A 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembibing: Dr. Ju’subaidi, M.Ag.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Team Games Tournament, kecerdasan Interpersonal, Quizwhizzer.
Kecerdasan interpersonal merupakan intelegensi yang utama dalam kehidupan seseorang sebagai makhluk sosial yang selalu hidup berdampingan dan tidak dapat dipisahkan dengan manusia lainnya. Rendahnya kecerdasan interpersonal dapat menyebabkan seorang anak mengalami kegagalan penyesuaian diri di sekolah sehingga membuat anak kurang peka dan peduli terhadap siswa lainnya yang dapat menimbulkan masalah-masalah ekstrim anti sosial salah satunya bullying. Menurut data Programme for International Students Assessment (PISA) anak dan remaja di Indonesia mengalami 15% intimidasi, 19% dikucilkan, 22% dihina, 14% diancam, 18% didorong sampai dipukul teman dan 20% digosipkan kabar buruk. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kecerdasan interpersonal siswa kelas X MA Miftahul Ulum Kradinan yang ditandai dengan munculnya fenomena anti sosial bullying. Menurut catatan harian siswa yang tertera dalam buku piket tahun 2022/2023 semester ganjil, terdapat 5 dari 22 siswa kelas X mendorong dan memukul teman, serta 10 siswa mengolok-olok, dan berkata kotor kepada teman lainnya. Fenomena lain akibat rendahnya kecerdasan interpersonal pada saat pembelajaran yaitu siswa cenderung pasif, tidak mau menghiraukan penjelasan guru, asyik mengobrol, membentuk kelompok bermain (geng), siswa hanya suka berkelompok dengan teman se-geng, serta ditemui siswa yang tidak berpartisipasi dalam kegiatan diskusi/kelompok.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kecerdasan interpersonal siswa kelas X MA Miftahul Ulum Kradinan serta untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas X MA Miftahul Ulum Kradinan melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan media Quizwhizzer pada mata pelajaran Akidah Akhlak.
Penelitian ini dilakukan di MA Miftahul Ulum Kradinan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 22 orang. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model siklus dari Kemmis dan McTaggart dengan 2 siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang dikumpulkan adalah data kecerdasan interpersonal dan aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan statistika.
Hasil dari penelitian ini adalah tercapainya target yang sudah ditentukan oleh peneliti dan kolaborator yaitu 80% dari jumlah siswa memperoleh skor ≥70 dalam hasil mengisi angket kecerdasan interpersonal dan ≥70% siswa terlibat aktif dalam pembelajaran yang dirancang. Adapun hasil presentase kecerdasan interpersonal yang diperoleh pada pra tindakan sebesar 9,09% atau dengan kata lain 20 dari 22 siswa memperoleh skor kurang dari 70. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, presentase meningkat sebesar 36,36% menjadi 45,45%. Artinya 10 dari 22 siswa memperoleh skor ≥70. Kemudian pada siklus II, presentase mengalami peningkatan sebesar 40,91% menjadi 86,36%, artinya terdapat 19 dari 22 siswa memperoleh skor ≥70. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh presentase sebesar 63,93% dan mengalami peningkatan pada siklus II hingga mencapai presentase sebesar 90,15%. Artinya terdapat peningkatan aktivitas siswa sebesar 26,22% dari siklus I. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas MA Miftahul Ulum Kradinan kelas pada mata pelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Ju'subaidi, M.Ag.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:42
Last Modified: 09 Jun 2023 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23909

Actions (login required)

View Item View Item