Nilai-Nilai Dakwah Dalam Seni Beladiri Tapak Suci (Studi Tapak Suci Putera Muhammadiyah Pimda 093 Kota Madiun)

Masykuri, Nauval Avif (2023) Nilai-Nilai Dakwah Dalam Seni Beladiri Tapak Suci (Studi Tapak Suci Putera Muhammadiyah Pimda 093 Kota Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E-THESES NAUVAL AVIF MASYKURI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dakwah dapat menggunakan media apa saja termasuk melalui pencak silat. Pencak silat dapat digunakan sebagai media dakwah yang sangat efektif, dikarenakan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa baik laki-laki maupun perempuan. Tapak Suci sebagai salah satu organisasi otonom Muhammadiyah yang bergerak dalam seni bela diri pencak silat tidak hanya bertujuan untuk membela diri, tetapi diasumsikan terdapat nilai-nilai dakwah di dalamnya. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Tujuan peneitian ini untuk mengetahui dan mendalami tentang Implementasi nilai-nilai dakwah dalam Seni Beladiri Tapak Suci di Kota Madiun, dan Penanaman Nilai-nilai dakwah dalam Seni Beladiri Tapak Suci di Kota Madiun.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai dakwah dalam seni beladiri Tapak Suci Pimda 093 Kota Madiun terdapat 13 nilai-nilai dakwah, antara lain: Nilai Tauhid, Syariat, Kedisiplinan, Percaya diri, Teladan, Kesabaran, Tanggung Jawab, Sopan Santun, Tawaduk, Amanah, Kepemimpinan, Toleransi, Kesehatan. Dalam menanamkan nilai-nilai dakwah, Tapak Suci Putera Muhammadiyah Pimda 093 Kota Madiun menggunakan metode nasehat yang baik (al-Mauidzah al-Hasanah) dan Pembiasaan. Dalam penanaman nilai-nilai dakwah dengan metode Mau’idzah al-hasanah dilakukan melalui bimbingan, pendidikan, pengajaran, peringatan, pesan-pesan positif. Dalam penanaman nilai-nilai dakwah dengan metode pembiasaan Tapak Suci Pimda 093 Kota Madiun dilakukan dengan pembiasaan dengan kebiasaan yang baik melalui kegiatan-kegiatan rutin seperti ketika latihan rutin, ujian kenaikan tingkat, dan kejuaraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:31
Last Modified: 09 Jun 2023 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23903

Actions (login required)

View Item View Item